Pjs Gubernur Jambi Matangkan Persiapan Pilkada yang Aman dan Sehat

Senin, 30 November 2020 - 16:04:06


/

RADARJAMBI.CO.ID- Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Restuardy daud terus mematangkan persiapan pelaksanaan pilkada agar berjalan maksimal dengan target dan harapan terwujudnya pilkada yang aman, lancar dan aman pula dari COVID-19 serta dengan partisipasi pemilih yang tinggi.

"Pandemi COVID-19 membuat penyelenggaraan pilkada 2020 menjadi berbeda, kondisi baru dan penyesuaian yang masif diharapkan berjalan dengan lancar, aman dan menghasilkan pemilihan dan kualitas demokrasi yang lebih baik," katanya saat memimpin rapat koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Provinsi Jambi di tengah Pandemi Covid-19, di ruang rapat gubernur, Kantor Gubernur Jambi, Jumat.(27/11)

Rakor tersebut dihadiri Sekda Provinsi Jambi Sudirman, Kapolda Jambi A. Rahmad Wibowo, perwakilan dari Korem 042/Gapu Budi Santoso, Asisten I Sekda Provinsi Jambi Apani Saharudin, Kabinda Irwan David Syah, Kepala Kesbangpol Provinsi Jambi M. Mukti, Komisioner KPU Provinsi Jambi diwakili Dian Marianna, Bawaslu Provinsi Jambi Asnawi, Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Provinsi Jambi Rahmad Hidayat dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah.

Restuardy mengatakan, rakor kesiapan pelaksanaan pilkada serentak Provinsi Jambi juga untuk menindaklanjuti rapat secara virtual yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia, Mahfud MD pada, Senin (23/11) lalu.

Restuardy juga memaparkan tahapan dan jadwal tahapan pemilihan sesuai dengan PKPU No.5 Tahun 2020, serta menekankan bahwa semua pihak harus memastikan perkembangan-perkembangan terakhir dalam persiapan pilkada yang nantinya diharapkan bisa berjalan dengan baik, aman dan tentram. "Rakor ini sebagai persiapan dalam pengawasan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020," katanya.

Pada kesempatan itu, Pjs Gubernur Jambi juga mendengarkan penjelasan dari masing-masing yang hadir dan menerima masukan dan saran para peserta rapat tersebut. Ia berharap penyelenggara pemilu melaksanakan tugas dengan baik agar berjalan sesuai aturan agar tidak menjadi pemicu konflik.

"Dari komisioner KPU sampai KPPS bekerja ikuti aturan, sesuai dengan apa yang telah diatur. InsyaAllah berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Perwakilan Bawaslu dalam kesempatan itu menegaskan akan terus mengawasi penyelenggaraan pemilu di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Jambi dengan baik.

Sementara Kepala Bagian Program Data Organisasi dan SDM KPU Provinsi Jambi, Dian Marianna melaporkan bahwa daftar pemilih tetap lakil-laki di Provinsi Jambi sebanyak 1.218.688 orang dan perempuan 1.197.174 orang sehingga total keseluruhan DPT pemilihan serentak tahun 2020 Provinsi Jambi sebanyak 2.415.862 orang tersebar di 11 kabupaten/kota, 141 Kecamatan, 1.562 desa/kelurahan serta 8.236 TPS.(*)