Alat Uji Swab PCR dari Singapura, Akan Segera Difungsikan

Selasa, 15 Desember 2020 - 21:11:17


Walikota  Jambi Sy Fasha
Walikota Jambi Sy Fasha /

radarjambi.co.id-JAMBI- Pemerintah Kota Jambi tidak lama lagi akan segera mengoperasikan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang akan melayani uji Swab PCR bagi masyarakat Kota Jambi.

Saat ini konstruksi Labkes Kota Jambi itupun terbilang hanya tinggal penyelesaian akhir saja.

Terkait dengan instrumen peralatan Uji Swab, Pemkot Jambi mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti Pemerintah Singapura (melalui Temasek Foundation) untuk dukungan bantuan pengadaan alat uji Swab PCR dan paling anyar adalah dukungan dari Forum CSR Kota Jambi.

Forum CSR Kota Jambi menyatakan kesiapan dukungannnya untuk membantu Pemkot Jambi dalam mengadakan alat Uji Swab PCR dan reagent untuk tes tersebut.

Dukungan berupa hibah alat uji Swab tersebut, juga merupakan wujud bantuan Temasek Foundation yang memfasilitas pengadaan alat tersebut dari negara Singapura.

"Saat ini pengadaanya sedang berproses. Saat ini kita tidak menghadapi kendala berarti dalam pengadaan alat PCR melalui hibah dari Forum CSR ke Pemerintah Kota Jambi," ujar Wali Kota Fasha dalam keterangan persnya dihadapan awak media.

Tambah Fasha, alat tes PCR tersebut akan dibeli oleh Forum CSR Kota Jambi dari Temasek Foundation Singapura.

"Saat ini sedang tahapan koordinasi administratif dengan Temasek, tentang jumlah reagents yang akan dibeli dan administrasi lainnya. Mesin PCR yang akan dibeli oleh Forum CSR tersebut, kemudian akan dihibahkan kepada Pemerintah Kota Jambi, untuk ditempatkan di Labkesda Kota Jambi," ungkap Wali Kota Fasha

Lebih lanjut Fasha menjelaskan bahwa instalasi dan training penggunaan alat tersebut akan di lakukan oleh "local distributor" di Indonesia.

"Tidak ada pelatihan yang akan dilaksanakan di Singapura, semua pelatihan dan instalasi dilaksanakan oleh local distributor, di Jambi. Mesin akan dikirim oleh forwarder dari Singapura ke Batam. Kita yang akan jemput alat tersebut di Batam," pungkas Fasha.

Sebagaimana diketahui bahwa Kota Jambi bukan pertama kalinya mendapatkan bantuan terkait penanganan Covid-19 dari Pemerintah Singapura.

Tercatat, sudah kelima kalinya Pemerintah Singapura, melalui holdingnya, Temasek Foundation memberikan bantuan kepada Pemerintah Kota Jambi.

Pemerintah Singapura melalui Temasek Holding pertama kali memberikan bantuan pada Kota Jambi dalam bentuk, handsanitizers concentrate, PCR tests (untuk 10.300 sampel yang dihibahkan kepada BPOM Jambi).

Yang kedua, adalah BIPAP non-invasive ventilators (dihibahkan ke RSUD H. Abdul Manap, RS. DKT Bratanata dan RS Bhayangkara Jambi), dan 30.000 pcs Reusable Masks,

PPE dan paling anyar 20 units of Oxygen concentrate (dialokasikan untuk RSUD H. Abdul Manap, RSUD Abd. Sayoeti, dan Puskesmas Rawat Inap di Kota Jambi), serta 5.000 units Fortitude, 5.184 unit MGIEasy Magnetic Beads Virus DNA/RNA Extraction Kits, 5,000 units Resolute (Bahan ekstaksi test SWAB PCR setara 5.000 sampel SWAB), yang akan dialokasikan untuk Labkesda Kota Jambi. (ria/akd)