Tiga Kelurahan Langganan Banjir

Selasa, 02 Maret 2021 - 19:15:22


Salah satu sungai yang sering meluap jika hujan di Buluran.
Salah satu sungai yang sering meluap jika hujan di Buluran. /

radarjambi.co.id-KOTA JAMBI-Curah hujan yang tinggi belakangan ini di Kota Jambi membuat beberapa wilayah terkena banjir diantaranya tiga kelurahan di Kecamatan Telanaipura yaitu Kelurahan Buluran Kenali, Simpang IV Sipin dan Penyengat Rendah tergenang banjir.

Selain banjir musiman tiga wilayah tersebut juga terkena banjir dadakan. “Ada banjir musiman dan ada banjir dadakan. Rata-rata kalau untuk banjir musiman terjadi di buluran kenali dan sebagian Penyengat Rendah, sedangkan untuk banjir dadakan itu biasanya terjadi di Simpang IV Sipin.” ungkap Andrian, Sekretaris Camat (Sekcam) Telanaipura, Kota Jambi (19/2).

“Pengungsian sudah disiapkan, tergantung lokasi mana yang membutuhkan. Karna pengusian ini tidak bersifat permanen, akan ada orang dari dinas sosial dan pemadam kebakaran yang menyediakan tenda darurat serta dapur umum dekat lokasi yang terkena banjir,” katanya.

Banjir di Telanaipura belakangan ini di beberapa wilayah kebanyakan dikarenakan luapan air sungai, ketinggiannya 50-70 cm tidak membuat warga harus mengungsi. Pengungsian non permanen, akan disiapkan jika benar-benar dibutuhkan.

Sesuai dengan lokasi yang terkena banjir dan harus membutuhkan tempat pengungsian tersebut. Sementara itu, Nurbasneli Lurah Penyengat Rendah juga mengatakan jika di wiliyahnya ada dua RT yang sering mengalami banjir dadakan

“Ketinggian banjir akibat dari luapan sungai batang hari, ada beberapa RT yang terdampak banjir selama dua hari dengan ketinggian lutut orang dewasa. Sedangkan banjir yang diakibatkan curah hujan tinggi atau banjir dadakan terjadi di Penyengat Rendah RT 19 dan RT 24. Air di jalan setapak dan masuk di rumah warga sedalam mata kaki,” ujar Nurbasneli, Lurah Penyengat Rendah, Kota Jambi.

Untuk banjir musiman, yang disebabkan luapan sungai di Buluran Kenali dan Penyengat Rendah yang ketinggian air mencapai lutut orang dewasa. Di Simpang IV Sipin dua hingga tiga jam air masuk ke dalam rumah warga sedalam mata kaki.(mg1/akd)