Masih Sering Debat Kusir? Yuk Coba Trik ini Untuk jadi Pendebat Ulung!

Minggu, 07 Maret 2021 - 20:35:47


Muammar
Muammar /

radarjambi.vo.id-JAMBI-Kata debat sudah tidak asing lagi bagi kita, karena baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari kita sering melakukan atau menyaksikan sendiri debat itu terjadi.

Perlu kita ketahui definisi debat menurut KBBI adalah pembahasan dan pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Debat sudah cukup melekat dengan diri kita, bahkan tanpa disadari kita sudah pernah melakukan debat. Namun apakah debat yang kita lakukan itu Sudah baik dan benar? Dan apa saja manfaat kita melakukan debat? Serta apa tips dan trik ketika berdebat, hal ini yang akan coba penulis uraikan untuk teman-teman semua.

Kegiatan debat bisa dilakukan individu maupun secara tim, pada umumnya dalam perlombaan debat dilakukan oleh dua tim yang saling bertentangan argument. Debat bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa harus memiliki ilmu dan keahlian khusus.

Namun untuk menghindari perdebatan yang tidak bermutu atau (debat kusir) kita harus mempelajari serta mempersiapkan debat tersebut dengan baik.

Debat memiliki banyak manfaat bagi pelakunya, dengan menguasai atau pernah melakukan debat maka seseorang akan menjadi terlatih. Memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni, ketika kita berdebat, kita secara tidak langsung mengasah kemampuan public speaking.

Karena pendebat harus menyampaikan argument dengan jelas dan lugas, menyakinkan serta mampu mempertahankan posisinya. Selain itu isi pembicaraan pun menjadi padat dan terstruktur, tak ayal seorang debaters memiliki kemampuan public speaking yang baik.

Seorang pendebat (debaters) juga dipastikan memiliki pengalaman yang mumpuni, baik itu dalam berbicara didepan umum, melatih mental, serta kerjasama tim. Sehingga dengan pengalaman itu akan sangat berguna untuk kehidupan sehari hari.

Manfaat selanjutnya dari menjadi seorang pendebat, adalah memiliki relasi yang luas. Dengan mengikuti perlombaan debat, maka kita memiliki wawasan dan teman dengan skala lebih besar.

Relasi ini akan sangat berguna ketika kita butuh suatu saat nanti, misalkan untuk mencari pekerjaan atau sekedar sharing seputar dunia pendidikan. Dan yang yang tidak kalah penting, dengan menjadi pendebat. Kita akan menambah prestasi serta mendapat penghargaan dari orang orang sekitar kita.

Apalagi jika kita berhasil memenangkan sebuah lomba debat, maka akan menambah catatan prestasi dan keberadaan kita diperhitungkan oleh lingkungan.

Setelah kita mengetahui apa saja keuntungan dan manfaat dari kegiatan debat, maka timbul pertanyaan bagaimana sih caranya menjadi seorang debaters? Apa saja tips dan trik yang harus dilakukan agar kita bisa memenangkan sebuah perdebatan? Yuk kita simak penjelasannya.

1. Doa

Hal utama dan yang harus dilakukan agar debat kita sukses adalah berdo'a. Setiap mengawali kegiatan debat, mulai lah dengan berdoa dan saling menguatkan dalam satu tim. Doa juga bisa diiringi dengan ibadah sesuai kepercayaan, dan memohon izin dari orang tua sebelum lomba berlangsung.

2. Siap mental

Sebuah persiapan yang matang akan menjadi tidak berguna apabila pendebat tidak memiliki mental yang kuat. Oleh karenanya sebelum berdebat, kita harus mempersiapkan mental dan keberanian untuk tampil, dan mempertahankan argumen yang telah kita bangun, serta tetap solid dengan anggota satu tim.

3. Perbarui kata-kata

Seorang pendebat selalu berusaha menghindari pengulangan kata dan diksi yang itu-itu saja. Agar tidak monoton, kita harus memperkaya kosa kata. Hal itu bisa diperbarui dengan banyak membaca buku dan referensi serta Selalu update dengan perkembangan berita. Sehingga ketika debat, kita tidak kehabisan kata-kata dan memiliki banyak pilihan kata untuk disampaikan.

4. Berfikir kritis

Dalam debat kita dituntut untuk kritis terhadap mosi dan pernyataan lawan debat. Oleh karena itu semakin tajam interupsi dan bantahan yang kita sampaikan akan semakin memperkuat posisi kita. Dengan berpikir kritis kita bisa peka terhadap kasus dan masalah disekitar kita, biasanya berpikir kritis selalu diawali dengan kalimat tanya.

5. Kuasai ragam ketrampilan

Dalam debat ada banyak ketrampilan yang digunakan, mulai dari ketrampilan membaca, menyimak, menulis, dan berbicara. Oleh karena itu kita harus belajar untuk maksimal dan selalu mengasah ketrampilan berdebat kita. Ketrampilan lain dalam debat seperti gestur, strategi dan lain-lain juga harus dimiliki oleh pendebat.

6. Pahami situasi debat

Penting bagi kita untuk memahami situasi debat, baik dari kondisi tempat debat, juri, penonton, dan lawan debat. Kita harus bisa memposisikan diri sesuai situasi dan kondisi. Misalnya ketika debat di perguruan tinggi negeri akan berbeda situasi dengan perguruan tinggi Islam, yang mana dalam adab dan sopan santun harus diperhatikan.

7. Bentuk karakter personal

Selanjutnya yaitu membentuk karakter personal, dalam debat kita harus menjadi diri sendiri. Boleh kita mencontoh dan belajar dari orang lain, tapi ketika kita tampil. Jadilah diri kita sendiri dengan semua pembawaan dan argumen yang disampaikan. Memang cukup sulit untuk mengenali karakter dan ciri khas diri kita, namun seiring jam terbang dan pengalaman akan mengarahkan kita pada jati diri kita.

8. Latihan

Dan yang terakhir yaitu perbanyak latihan, sebab bakat saja tanpa diiringi latihan akan sia-sia. Oleh karena itu kita harus sering-sering mengasah dan berlatih debat. Baik dengan sesama tim ataupun dengan senior atau mentor kita. Usahakan untuk melakukan pola latihan yang efektif dan efisien.

Itulah beberapa tips dan trik seputar debat, setiap orang tentunya memiliki strategi dalam berdebat. Jadi Silahkan aplikasikan tips yang sesuai dengan karakter dan kebutuhan teman-teman.

Semoga tips dan trik ini bisa membantu dan menambah wawasan kita tentang dunia debat. Harapannya teman-teman sudah mulai berani untuk take action dan mempraktekkan tips diatas, Selamat mencoba!. (***)

 

 

Penulis  : Muammar. (Mahasiswa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, Universitas Jambi )