Belajar Bahasa Inggris Sejak Usia Dini

Rabu, 07 Juli 2021 - 19:23:31


Tri Novafitasari
Tri Novafitasari /

Dewasa ini, Bahasa Inggris bukan lagi menjadi sesuatu yang asing bagi semua kalangan masyarakat Indonesia.

Bahasa Inggris adalah salah satu Bahasa krusial yang memang seharusnya sudah dikuasai oleh para generasi milenial.

Banyak sekali keuntungan yang akan didapatkan di masa depan apabila seseorang telah dibekali kemampuan berbahasa Inggris sejak dini.

Bahasa Inggris merupakan bekal seorang anak untuk menghadapi perkembangan zaman dan arus globalisasi masa kini dan masa depan.

Kualitas seseorang memang tidak bisa di lihat hanya dari kemampuan berbahasa nya saja. Namun, ketika seseorang memiliki kemampuan Bahasa asing yang lebih baik, maka pertimbangan terhadap dirinya juga akan semakin tinggi.

Bisa dilihat di perusahaan-perusahaan besar ternama di Indonesia sekarang. Hampir semua perusahaan tersebut mencantumkan kualifikasi kemampuan berbahasa Inggris yang lancar.

Bukan semata untuk menghadapi persaingan, namun juga untuk bisa berkomunikasi secara luas dengan klien yang notabene nya dari perusahaan asing.

Banyak hal yang bisa dimudahkan ketika seseorang memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Ketika kemampuan Bahasa Inggris baik maka seseorang akan lebih mudah bergaul karena ia memiliki wawasan yang luas.

Mereka akan memiliki pemikiran yang lebih rasional, karena semakin banyak seseorang memiliki kemampuan berbahasa maka akan semakin terbuka juga pemikirannya dalam memecahakan masalah.

Karena ia paham dengan apa yang sedang ia hadapi. Mereka juga bisa membaca dari referensi-referensi bahasa asing untuk memecahkan masalahnya tersebut.

Kemudahan mempelajari Bahasa asing lain pun juga akan mereka nikmati karena kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Ketika seseorang ingin mempelajari Bahasa asing lain maka ia bisa menggunakan Bahasa inggris nya untuk berkomunikasi.

Karena Bahasa inggris saat ini sudah ditetapkan sebagai Bahasa internasional.
Dari keuntungan-keuntungan menguasai Bahasa inggris tersebut, maka kemampuan berbahasa Inggris ini bisa diajarkan kepada sejak dini.

Ketika anak memasuki usia 2-7 tahun, kemampuan intelektual dan kognitif anak sedang berkembang. Sehingga ketika anak berusia 2-3 tahun, ini merupakan waktu yang tepat untuk mengenalkan anak kepada Bahasa Inggris.

Berbagai stimulasi bisa dilakukan kepada anak agar anak terbiasa dan mudah menangkap pelajaran ini.

Peran orangtua sangatlah penting untuk mengembangkan kemampuan anak. Orang tua harus bisa membuat pembelajaran Bahasa Inggris menyenangkan seperti halnya bermain dan tidak terpaku terhadap grammar dalam Bahasa Inggris.

Karena ketika seorang anak telah terbiasa berbahasa inggris maka kemampuan ini juga akan otomatis terkuasai.

Kecakapan orangtua harus diandalkan dengan penuh agar anak tidak kesulitan dan merasa bosan ketika belajar berbahasa Inggris.

Memanfaatkan momen-momen tertentu bisa dilakukan orangtua untuk mengajak anak mempelajari Bahasa Inggris. Seperti halnya ketika makan, orangtua bisa menjelaskan kepada anak apa saja yang sedang dimakan dengan menggunakan Bahasa Inggris.

Atau juga orangtua bisa menjelaskan kepada anak tentang benda-benda yang ada di rumah dengan berbahasa Inggris.

Memperlihatkan kartun-kartun anak yang menggunakan Bahasa Inggris, mendengarkan lagu berbahasa Inggris kepada anak, dan membacakan buku-buku cerita berbahasa Inggris adalah cara lainnya.

Sebenarnya mengajarkan berbahasa sejak kecil sama halnya dengan mengajarkan anak berbicara. Sehingga apabila itu sudah menjadi kebiasaan, maka anak akan lebih mudah menangkap pembelajaran itu.

Kunci dari mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak adalah pengucapan nya. Lakukan pembelajaran secara konsisten dan menyenangkan agar anak mudah dalam menangkap. (***)

 

 

Penulis Tri Novafitasari
Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta