Ki Samudera Biru, Wafat

Selasa, 07 September 2021 - 21:43:19


Lukisan Ki Samudera Biru saat pameran di Gedung DPRD propinsi Jambi
Lukisan Ki Samudera Biru saat pameran di Gedung DPRD propinsi Jambi /

JAMBI. Dunia lukis Indonesia berduka wafatnya F.Suwardi dalam usia 63 tahun di Bekasi, Selasa (7/9) sekitar pukul 00.13 WIB.

Sahabat Almarhum Harkopo Lie (Cikindo ArtGalery) mengatakan, Almarhum meninggal mendadak yang sedang Pameran Lukisan di Pelabuhan Ratu Sukabumi.

Ulang Tahun Propinsi Jambi 6 Januari lalu F.Suwardi dikenal dengan nama Ki Samadera Biro dengan membawa karya Ratu Laut Selatan merupakan karya-karya master dan ciri khasnya, kata Harkopo Lie.

Sebanyak 13 pelukis Bogor/Jakarta dan Bali ikut bergabung bersama pelukis Jambi termasuk kartunis Syahril Hanan dan pelukis multi m dia dari Medan, yang berakhir 5 Mei lalu.

Setelah pameran di Jambi Ki Samudera berlanjut Pameran Tunggal di Cikindo Art Galeri Bogor bulan Juni dan Juli 2021. Selanjutnya pameran di Sukabumi yang juga tempat Galery Ki Sumudera Biru. "Ciri khas Ki Samudera Biru melukis dipinggir pantai Samudera" kata Harkopo Lie.

Dua sahabat Ki Samudra Biru sangat terkejut atas wafatnya pelukis yang produktif tersebut,Mumuh Muchtadji (Megelang) maupun Fransiskus Rudy dari Bali.

Fransiskus Rudy mengatakan, Ki Samudera pada awalnya pelukis iklan poster film di Jakarta. Sejalan dengan waktu, perfileman bioskop kondisinya terus surut karna hadirnya VCD dan DVD yang sangat berdampak pada produksi film. "Otomatis dampaknya ke pelukis film" kata Rudy.

Dia banting stir mulai berkarya lukisan dengan thema ' Nyi Roro Kidul' Lukisan banyak dikenal seiring dengan hadir di beberapa pameran tunggal di hotel berbintang di Jakarta dan Bekasi.

"Terakhir beliau bergabung dengan Cikindo Art Gallery , Parung , Bogor Jawa Barat, dan pameran lukisan di salah satu hotel di Cengkareng Jakarta barat.

"Lukisan dengan gaya impres dengan sapuan kuas yang mantap
Lukisan nya sudah banyak di koleksi oleh pencinta seni, terutama spiritual,yaitu ,Ratu Pantai Selatan, (Nyi Roro Kidul).

"Di Hotel Inna pelabuhan ratu dia juga berkerja sama dengan pihak hotel dan disediakan satu gallery untuk lukisannya. Karna pelabuhan ratu terkenal dengan pantai, yaitu Ratu Pantai Selatan, disitu dikenal tempatnya Ratu Kidul Pantai Selatan, kata Rudy.

Sementara Mumuh Muchtadji (Magelang) mengatakan , tiga bulan yang lalu ketemu dengan Ki Samudera Biru cerita tentang rencana ke depannya,dia akan terus pameran. "Setahu saya beliau ada penyakit diabet" kata Mumuh.

"Saya mengenal nya sekitaran tahun 1989 beliau awalnya pelukis poster film" kata Mumuh.(Saw)