Di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci

Pemberdayaan Masyarakat dalam Peningkatan Kualitas Lingkungan Hidup

Rabu, 23 Juni 2021 - 10:57:08


Berlangsungnya kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen FH Unja di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Senin 21 Juni 2021
Berlangsungnya kegiatan PkM yang dilakukan oleh dosen FH Unja di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci, Senin 21 Juni 2021 /

RADARJAMBI.CO.ID, KERINCI-Kabupaten Kerinci merupakan wilayah yang didalamnya terdapat Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kehidupan masyarakatnya berada pada sektor pertanian. Khusus lokasi Kecamatan Gunung Tujuh yang berlokasi dibawah kaki Gunung Kerinci. Dengan panorama kebun Teh Kayu Aro serta didukung suhu udara yang dingin dan sejuk. Lingkungan yang asri lebih terasa disekitar lokasi wilayah tersebut.

Aktivitas masyarakat sebagian besar adalah para petani kentang, kol dan pemetik daun teh. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM), merupakan bentuk kegiatan dilaksanakan dengan cara turun langsung ke pelosok-pelosok daerah pedesaan yang terpencil, dengan melaksanakan kegiatan bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Peningkatan Kaulitas Lingkungan Hidup di Kecamatan Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci” Tim pengabdian kepada masyarakat Program Studi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum UNJA yang diketuai oleh Dr. H. Taufik Yahya, S.H., M.H dengan Anggota Prof. Dr. Bahder Johan Nasution, S.H., M.Hum, ; Prof. Dr. Sukamto Satoto, S.H., M.H, ; Dr. H. Usman, S.H., M.H dan Ivan Fauzani Raharja S.H, M.H, pada Senin (21/06/2021) di ruang Aulan Kantor Camat Gunung Tujuh Kabupaten Kerinci.

Dalam kegiatan ini perwakilan dari 13 Desa yang ada di Kecamatan Gunung Tujuh, seluruh Kepala Desa dan BPD se Kecamatan Gunung Tujuh hadir sebagai peserta PPM

Melihat minimnya tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat menimbulkan dampak signifikan terhadap kualitas lingkungan hidup itu sendiri.

Tujuan dari kegiatan PPM ini adalah menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup sehari-hari.

Solusi yang akan berikan untuk sasaran PPM yakni menggerakkan kesadaran bersama masyarakat agar menjaga dan melestarikan lingkungan hidup sekitar kawasan pemukiman penduduk dengan tegas dan bisa diterapkan oleh Kepala Desa dan Ketua BPD di desa masing-masing.

Ketua tim Pengabdian kepada Masyarakat, Dr. H. Taufik Yahya, S.H., M.H mengharapkan dengan sosialisasi ini, semua elemen masyarakat dapat bergerak  serentak untuk menjaga kualitas lingkungan hidup di Kecamatan Gunung Tujuh dan masyarakat bisa melakukan gerakan bersama untuk merawat dan menjaga lingkungan hidup.(kay/***)