Tanjabarat Sukses Raih Juara Umum MTQ ke 50 Tingkat Provinsi Jambi

Jumat, 08 Oktober 2021 - 20:45:02


/

Radarjambi.co.id-TANJABBAR - Penantian panjang dengan penuh kesabaran dan usaha itu akhirnya membuahkan hasil yang manis. Kabupaten Tanjung Jabung Barat raih sukses ganda.

Selain sukses menjadi tuan rumah, sekaligus sukses menjadi Juara Umum Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-50 Tingkat Provinsi Jambi.

Ketua Dewan Hakim prof. Dr. H.Ahmad Sukri, M.A menyampaikan pada kegiatan penutupan MTQ-ke 50 di Masjid Syekh Usman Kualatungkal, Jumat (8/10/21), bahwa Ranking Terbaik Juara Umum diraih Kabupaten Tanjab Barat dengan nilai 113. Lalu disusul Kota Jambi pada posisi runner up.

Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. KH. Anwar Sadat M. Ag dalam sambutannya menyampaikan bahwa tahapan kegiatan MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Tanjung Jabung barat mulai dari penyambutan kafilah pada hari pertama tanggal 30 September hingga acara penutupan pada hari ini, Jumat (8/10/21) berjalan lancar, tertib, aman, dan sukses dengan mengedepankan protokol kesehatan (Prokes).

"Kita sama-sama mengetahui bahwa MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi pada tahun ini tidaklah mudah, bahkan penuh dengan tantangan dilaksanakan dalam suasana pandemi covid-19," kata Bupati Tanjabbar, KH Anwar Sadat di Masjid Syekh Usman Kualatungkal, Tanjab Barat, Jambi, Jumat (8/10/21).

Kendati demikian, lanjut bupati, berkat jalinan sinergi dan kerjasama yang apik dari semua pihak, dan dengan upaya penerapan protokol kesehatan yang menjadi prioritas utama.

"Serta keyakinan kita dalam membumikan Al-Quran, menegakkan syiar Islam, dan harapan semoga mendapat pertolongan dari Allah SWT.

Alhamdulillah penyelenggaraan MTQ ini dapat terlaksana dengan baik. Bahkan juga tidak mengurangi kekhidmatan dan semarak penyelenggaraan MTQ seperti biasanya," ujar bupati.

Bupati juga menyampaikan selamat kepada para pemenang, qori dan qori'ah terbaik yang telah meraih prestasi pada gelaran MTQ ke-50 ini.

Bupati berharap prestasi yang telah diraih dapat dijadikan sebagai motivasi dalam meningkatkan kemampuan serta mempersiapkan diri untuk event MTQ tingkat nasional.

"Semoga prestasi yang telah diraih tetap bisa dipertahankan, dan kepada yang belum berhasil agar jangan berkecil hati, tetap semangat, terus berlatih memacu diri untuk bisa mewujudkan prestasi pada event MTQ tingkat Provinsi Jambi di masa mendatang," pesannya.

Menutup sambutannya, Bupati berharap silaturahmi serta keakraban yang terjalin antar kafilah Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi bersama panitia maupun masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Barat selama pelaksanaan MTQ ke-50 tingkat provinsi Jambi jadi memori, kesan dan kenangan indah yang tak lupa untuk dikenang saat para kafilah pulang ke kampung halaman masing-masing.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jambi yang hadir menutup secara resmi perhelatan MTQ ke 50 ini, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh kafilah Kabupaten/Kota yang telah berpartisipasi pada MTQ ke 50 tingkat Provinsi Jambi di kabupaten Tanjab Barat.

Tak lupa, Wagub juga mengapresiasi panitia MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi yang telah bekerja keras menyukseskan acara MTQ di tengah pandemi ini sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik.

"Bagi yang belum meraih kemenangan teruslah belajar dan jangan putus asa. Bagi yang telah berprestasi jangan terlena dengan prestasinya, teruslah berprestasi sampai tingkat nasional serta mengharumkan nama provinsi Jambi di mata dunia," kata Wagub H Abdullah Sani.

Suksesnya gelaran MTQ ke-50 tingkat Provinsi Jambi oleh jajaran Pemprov Jambi dan Pemkab Tanjab Barat selaku tuan rumah, juga mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Jambi yang disampaikan melalui Kabid Penais Zawa H. A. Rahman Sayuti, S.Ag., M.H dalam sambutannya.

"Kami ucapkan terima kasih atas penyelenggaraan dan suksesnya MTQ ke -50 tahun 2021, ini merupakan wujud dan gambaran masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Barat yang religius, cinta Al Quran dan menjunjung tinggi persatuan," ujarnya melontarkan pujian.

Seperti diketahui, baik sebelum pelaksanaan hingga hari pelaksanaan MTQ ke-50 Tingkat Provinsi Jambi ini digelar, Pemkab Tanjab Barat di bawah arahan Bupati dan Wakil Bupati KH Anwar Sadat dan Hairan melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri melakukan vaksinasi serentak dan penerapan prokes secara ketat.

Ini guna memastikan Tanjab Barat memang sudah layak menjadi tuan rumah meski digelar di tengah tantangan pandemi Covid-19.

Berikut Daftar Rangking Daerah Terbaik pada gelaran MTQ ke 50 Tingkat Provinsi Jambi :

Terbaik I : kab. Tanjab barat
Terbaik II : kab.kota jambi
Terbaik III : kab.tanjab timur
Terbaik IV : kab. Batanghari
Terbaik V : kab. muaro jambi
Terbaik VI : kab. Sarolangun
Terbaik VII : kab.tebo
Terbaik VIII : kab. Bungo
Terbaik IX : Kab. merangin
Terbaik X : Kab. Kota sungai penuh
Terbaik XI : Kab. Kerinci.

Sementara untuk pelaksanaan MTQ ke-51 Tingkat Provinsi Jambi mendatang akan digelar di Kota Sungai Penuh sebagai tuan rumah. (ken/akd)