Hajar Malaysia 4-1, Indonesia ke Semifinal

Minggu, 19 Desember 2021 - 22:02:22


/

Radarjambi.co.id-Singapura - Timnas Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF 2020. Skuad Garuda meraih tiketnya setelah menghajar Malaysia dengan skor akhir 4-1.
Di National Stadium, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Indonesia mampu comeback saat melawan Malaysia. Ketinggalan lebih dulu akibat gol Kogeliswaran Raj.

Di sisa pertandingan Indonesia membalas empat kali lewat Irfan Jaya (dua gol), satu gol Pratama Arhan serta Elkan Baggott. Indonesia lolos ke babak 4 besar dengan meyakinkan.

Dengan hasil ini, Indonesia menjadi juara Grup B dengan raihan 10 poin. Indonesia unggul produktivitas gol dari Vietnam hingga finis teratas, Malaysia finis ketiga dengan raihan 7 poin.

Indonesia akan melawan Singapura di babak semifinal, pertandingan leg 1 akan berlangsung pada 22 Desember.


Jalannya Pertandingan

Indonesia unggul 2-1 atas Malaysia di babak pertama. Skuad Garuda ketinggalan lebih dulu pada menit ke-13. Tendangan Kogeliswaran Raj yang bersarang ke gawang Indonesia.

Setelah kebobolan, Indonesia tersengat. Di situs resmi turnamen, ada 15 percobaan tim asuhan Shin Tae-yong yang 5 di antaranya mencapai sasaran.

Gol penyama kedudukan Indonesia hadir pada menit ke-36. Umpan dari Witan Sulaeman diselesaikan oleh Irfan Jaya.

Indonesia berbalik unggul pada menit ke-43. Tendangan Pratama Arhan membentur pemain belakang Malaysia, bola di muka gawang disambar oleh Irfan Jaya! Indonesia unggul 2-1!

Elkan Baggott dimasukkan oleh Shin Tae-yong di babak kedua. Dia menggantikan Ramai Rumakiek. Indonesia memainkan 3 bek di babak kedua.

Tendangan keras Arhan gol! Umpan dari Irfan Jaya diselesaikan Arhan dengan tendangan jarak jauh yang menghujam deras ke gawang Malaysia di menit ke-50.

Indonesia nyaris menambah gol di menit ke-55. Tendangan Irfan Jaya meneruskan umpan Rachmat Irianto masih menyamping.

Gol Malaysia di menit ke-59 dianulir. Muhammad Syafiq menyarangkan bola, tapi sebelumnya ada pelanggaran dari Dion Cools pada Nadeo.

Indonesia mendapay peluang pada menit ke-70. Dominic Tan melanggar Irfan Jaya, berbuah tendangan bebas untuk Indonesia di daerah permainan Malaysia, eksekusinya bisa diantisipasi pemain Malaysia, berbuah tendangan sudut.

Pergantian pemain dilakukan Shin Tae-yong pada menit ke-75. Evan Dimas Darmono dimasukkan, menggantikan Rachmat Irianto.

Indonesia nyaris bikin gol di menit ke-80. Bola sodoran Witan Sulaeman mengarahke Kushedya Hari Yudo, bolanya bisa disapu pemain belakang Malaysia.

Gol keempat Indonesia hadir dari Elkan Baggott. Umpan tendangan sudut Evan Dimas bisa diselesaikan oleh Elkan menjadi gol pada menit ke-82.


Susunan Pemain

Indonesia: 1 Nadeo Argawinata, 12 Pratama Arhan, 14 Asnawi Mangkualam, 28 Alfeandra Dewangga, 19 Fachruddin Ariyanto, 13 Rachmat Arianto (6 Evan Dimas 75), 15 Ricky Kambuaya, 8 Witan Sulaeman, 20 Ramai Rumaikiek (Elkan Baggott 46), 25 Irfan Jaya (Yabes Roni 92), 7 Ezra Walian (Hari Yudo 64) (Hanis Sagara 92)

Malaysia: 21 Khairul Fahmi, 2 Dion Cools, 4 Muhammad Syami, 5 Putera Nadher Amarhan, 16 Mohd Rizal, 8 Baddrol, 13 Arif Aiman, 15 Kogeliswaran Raj (9 De paul 60), 24 Mohamad Faisal, 20 Muhammad Syafiq (Sharel Fikri 77), 11 Safawi Rasid (Dominic Tan 46)

(cas/ran)

Sumber :  detik.com