Peran Remaja di Bulan Ramadan

Sabtu, 16 April 2022 - 14:18:59


Khalifah Muhammad Rava B
Khalifah Muhammad Rava B /

Radarjambi.co.id-Bulan suci Ramadan, tentunya adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh umat Islam, karena memiliki keutamaan dan keistimewaannya tersendiri.

Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah atau disebut juga dengan Syahrun Mubarak,sebagaimana yang disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW yang

artinya :”Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan ini diwajibkan puasa kepada kalian..” (HR. Ahmad, An-Nasa’i dan Al-Baihaqi).Berikut  ini beberapa keutamaan bulan Ramadan lainnya yaitu:

Pertama, bulan diturunkannya Alquran yang merupakan kitab suci umat Islam sebagai pedoman dan petunjuk bagi seluruh manusia dalam menjalankan kehidupan sehari hari. 

Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam QS. Al-Baqarah: 185 yaitu "Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Alquran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)".

Kedua bulan penuh pengampunansesuai dengan hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, yaitu:

"Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim). Selain itu, salat tarawih yang dikerjakan pada setiap malam di bulan Ramadan juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah lalu. Sebagaimana hadis Nabi SAW yang artinya: Barangsiapa yang berpuasa yang melakukan salat malam pada bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap pahala dari Allah SWT, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu."

Ketiga, bulan yang penuh dengan rahmat Allah, yaitu dilipatgandakannya pahala dan diampunkannya dosa, hal tersebut dijelaskan dalam Hadis Rasulullah sebagai berikut :

"Barang siapa yang pada bulan itu mendekatkan diri kepada Allah dengan suatu kebaikan, nilainya seperti orang yang melakukan perbuatan yang diwajibkan pada bulan lainnya. Dan, barang siapa yang melakukan suatu kewajiban pada bulan itu, nilainya sama dengan 70 kali lipat dari kewajiban yang dilakukannya pada bulan lainnya. Keutamaan sedekah adalah sedekah pada bulan Ramadan." (HR. Bukhari-Muslim).

Nah berbicara tentang Bulan ramadan, rasanya kurang semarak tanpa adanya peran dan kegiatan dari remaja masjid. Hadirnya remaja masjid di tengah tengah kita, tentunya menjadikan masjid lebih makmur dan menjadi lebih hidup.

Berbagai macam kegiatan positif dapat dilakukan remaja di masjid, diantaranya selalu melaksanakan Shalat berjamaah 5 waktu, shalat tarawih dan witir, tadarus bersama, menjadi pembawa acara saat tausiah ustad, dan berbagai kegiatan positif lainnya.

Selain itu salah satu peran remaja masjid yaitu dapat mengadakan lomba untuk anak-anak, seperti lomba adzan, mengaji, pidato dan lain-lain.

Dengan adanya lomba tersebut anak-anak jadi akan semakin bersemangat dan senang untuk melaksanakan kegiatan beribadah di masjid.

Dari kegiatan-kegiatan tersebut, banyak manfaat yang dapat kita peroleh. Selain menambah pahala juga dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri kita, dan melatih kita dalam bersosialisasi dengan banyak orang.

Jadi di bulan suci Ramadan 1443 Hijriah ini, merupakan kesempatan bagi kita terutama bagi remaja untuk memperbanyak amal ibadah, melakukan  kebaikan, saling membantu, dan selalu meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT.  Semoga semua amal ibadah kita di Bulan Ramadan 1443 Hijriah ini, dapat diterima oleh Allah SWT. Amin amin ya rabbal alamin.

 

Penulis : Khalifah Muhammad Rava B, Siswa SMA Negeri 5 Pekanbaru, Ketua Remaja Masjid Al-Jasar Kec. Bina Widya kota Pekanbaru