Kurangi Polusi, Tanjabbar Launching CFD

Jumat, 17 Juni 2022 - 20:12:12


/

RADARJAMBI.CO.ID,TANJABBAR - Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi melalui Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat telah menetapkan hari dan lokasi akan dilaksanakan launching hari Bebas Kendaraan Bermotor atau disebut Car Free Day (CFD).

Persiapan surat undangan keseluruh pimpinan DPRD Tanjabbar, Fokorpimda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag, Camat dan Lurah dalam wilayah Kecamatan Tungkal Ilir untuk mengikutsertakan staf dan jajarannya pada acara Launching Car Free Day yang ditetapkan pada hari Minggu (19 Juni 2022) pukul 06.00 Wib s/d selesai di Alun-Alun Kota Kualatungkal berpakaian olahraga.

Kepala Dinas Pehubungan Kabupaten Tanjab Barat, Samsul Jauhari mengatakan Car Free Day perdana di Kabupaten Tanjab Barat ini nantinya secara resmi di Launching yang insya Allah lansung oleh Bupati Tanjab Barat, Drs H Anwar Sadat M.Ag.

Dijelaskan, CFD ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat untuk menurunkan ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan bermotor, dan lebih mengutamakan hidup sehat dengan berolahraga pada hari libur.

Selain itu disebutkan Kadishub, CFD ini juga bertujuan untuk mengurangi resiko kebisingan dan emisi udara dari polusi kendaraan bermotor, menghidupkan Kota Kualatungkal khususnya agar ramai setiap pagi hari libur nasional dengan kegiatan berolahraga, serta membantu meningkatkan perekonomian dari sektor UMKM.

Untuk mengsukseskan kegiatan ini, Dinas Perhubungan Kabupaten Tanjab Barat juga menggandeng beberapa instansi yang berperan penting seperti Dinas Parpora yang akan menyiapkan olahraga senam bersama.

Dinas Koperindag juga menyiapkan Bazar Kuliner UMKM diarea Car Free Day, sementara Satlantas Polres Tanjab Barat menyiapkan rekayasa Lalin dilokasi Car Free Day.

Selain itu Dishub juga menyiapkan acara Launching Car Free Day dan peralatan Lalin dilokasi acara yang dibantu oleh Kodim 0419/Tanjab, Sub Denpom Kualatungkal dan Satpol PP untuk menjaga keamanan selama acara Launching Car Free Day berlangsung.

Dinkes juga menyiapkan pelayanan kesehatan dan mobil ambulance dilokasi acara serta Dinas Kominfo menyiapkan banner dan info melalui media yang ada untuk menyukseskan acara Launching. dan juga Bagian Umum Setda Tanjabbar menyiapkan peralatan sound sistem, tenda, meja, kursi dan konsumsi saat acara Launching Car Free Day berlangsung.

"Adapun kegiatan yang dilakukan setelah Launching atau peresmian adalah berolahraga senam bersama di Alun-Alun yang diikuti oleh Bupati, Wabup, Ketua DPRD, Fokorpimda, Sekda, Staf Ahli Bupati, Asisten Setda, Kepala OPD, Kabag Setda, Camat, Lurah di Kecamatan Tungkal Ilir, Kepala Kantor Instansi Vertikal, Kepala SMA/SMU, Pimpinan Bank, dan seluruh ASN yang ada dilingkup Pemkab Tanjab Barat serta lapisan masyarakat," jelas Samsul.

Pada Acara launching CFD ini, tamu undangan dan masyarakat yang ikutserta dperbolehkan membawa kendaran dari rumah tapi harus parkir diluar area kawasan Car Free Day atau pada kantong parkir yang telah disiapkan. (ken/akd)