Pengenalan Bahasa Inggris ke Anak

Sabtu, 02 Juli 2022 - 20:44:44


Azaria Rahma
Azaria Rahma /

Bahasa Inggris sangat diperlukan pada era sekarang ini, mengingat saat ini era globalisasi.

Jika Anda tidak terlalu mahir dalam berbahasa Inggris, maka Anda bisa ketinggalan informasi.

Kenapa Anda bisa ketinggalan informasi pada era globalisasi? Hal ini dikarenakan era globalisasi adalah zaman pertukaran informasi antarnegara sangatlah mudah, hanya dengan membuka gawai.

Anda dapat mengetahui informasi dari berbagai belahan dunia. Lalu, kenapa bahasa Inggris, kenapa tidak bahasa lain? Ya tentu saja, karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

Maka, agar tidak ketinggalan informasi, Anda perlu belajar bahasa Inggris. Jika Anda merasa kesulitan belajar berbahasa Inggris pada usia usia Anda saat ini, maka Anda dapat mencegah kesulitan Anda saat ini untuk anak Anda kelak.

Jadi, di sini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara mengenalkan bahasa Inggris kepada anak.

Usia ideal anak belajar bahasa Inggris adalah pada usia 2 tahun sampai 6 atau 7 tahun, karena menurut Piaget, usia tersebut adalah tahap perkembangan kognitif pra-operasional.

Di tahap pra-operasional berikut, keterampilan berbahasa berkembang pesat dan penguasaan kosakata meningkat.

Lalu, pada usia ini, anak juga sampai pada tahap mengekspresikan dan memikirkan beragam peristiwa.
Menurut saya, cara-cara mengenalkan bahasa Inggris kepada anak beragam bentuknya. Anak-anak suka keguatan yang menyenangkan dan menarik. Di antaranya:

1. Menonton film

Banyak film yang menyenangkan dan ramah anak, misalnya Barbie, Mickey Mouse, Home Alone, dan lainnya. Cara mengenalkan bahasa Inggris melalui metode ini adalah dengan cara menyetel menggunakan subtitle bahasa Inggris, anak-anak akan otomatis mengetahui maksudnya karena, gerak gerik pemerannya sudah sangat mengekspresikan perkataannya.

2. Mendengarkan Lagu

Biasanya, lagu anak-anak disertakan dengan animasi, contohnya Cocomelon. Di lagu itu, ada pengenalan hewan, angka, warna, dan lain-lain. Hal ini lebih memudahkan anak untuk mengenal sekitarnya dalam bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan, dan juga membuat anak bisa mengucapkan sesuatu dalam bahasa Inggris.

3. Membaca Buku

Seperti lagu, buku anak yang interaktif akan meyertakan animasi juga. Biasanya, di dalam buku tersebut dimasukkan gambar untuk adegan tertentu, dan tentu saja, di buku tersebut ada tulisan yang dapat membuat anak mengetahui ejaan dan cara membaca dalam bahasa Inggris.

Beberapa contoh buku anak di antaranya Little Red Riding Hood, The Very Hungry Caterpillar, dan The Story Of Ferdinand.(*)

Penulis : Azaria Rahma, Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.