Merayakan Kelulusan

Sabtu, 02 Juli 2022 - 12:04:10


Danang Syafriansyah
Danang Syafriansyah /

Setelah kelulusan para siswa, biasanya setiap sekolahan mengadakan acara perayaan kelulusan.

Acara tersebut sudah menjadi tradisi setiap tahun karena setelah menempuh pendidikan sesuai jenjangnya dan dinyatakan lulus wajar jika para siswa berbahagia dan ingin merayakan kelulusannya.

Biasanya pada acara kelulusan itu setiap sekolahan mengadakan konser musik atau pentas seni untuk memeriahkan acara tersebut. Ada juga sekolahan yang mengundang penyanyi terkenal untuk memeriahkan acara kelulusan itu.

Dalam perayaan kelulusan itu tidak hanya konser musik saja ada juga pentas seni yang di meriahkan oleh setiap siswa.

Jadi biasanya waktu perayaan kelulusan itu setiap kelas wajib menampilkan salah satu pentas seni, sehingga acara pentas seni itu berlangsung dengan sangat ramai dan meriah.

 Waktu acara pentas seni itu biasanya para siswa menampilkan kesenian yang ada di daerahnya masing masing. Contohnya di daerah Temanggung Jawa Tengah. Di daerah Temanggung kesenian yang paling terkenal yaitu kuda kepang.

Dalam kesenian kuda kepang ini buat yang cowok biasanya memakai seragam kesenian khusus buat kuda kepang. Kalau yang cewek biasanya pakai kostum penari di daerah bali, namanya yaitu tari pendet.

Kesenian  kuda kepang ini dimainkan oleh beberapa orang sekaligus. Biasanya para siswa menampilkan kesenian kuda kepang ini bareng bareng satu kelas.

Berbagai kesenian di tampilkan dalam acara perayaan kelulusan tersebut. Ada beberapa kesenian yang berbeda di setiap daerah, tapi itu tujuannya tetap sama yaitu untuk memeriahkan acara perayaan kelulusan tersebut.

Tanpa adanya pentas seni atau konser pada acara perayaan kelulusan, pasti tidak akan ramai dan menyenangkan, karena adanya pentas seni dan konser itu pasti para siswa bersemangat untuk ikut serta dalam acara tersebut. (*)

 

 Penulis : Danang Syafriansyah Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Jogya