Komisi I DPRD Provinsi Jambi dorong Pemprov segera bentuk badan riset dan inovasi daerah

Selasa, 07 Juni 2022 - 00:38:26


Hapis Hasbiallah Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi
Hapis Hasbiallah Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi /

RADARJAMBI.CO.ID-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi mendorong Pemerintah Provinsi Jambi segera membentuk badan riset dan inovasi daerah (Brida) guna meningkatkan pembangunan daerah.

"Provinsi Jambi memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan untuk kemajuan suatu daerah, maka dari itu keberadaan Brida sangat penting," kata Ketua Komisi I DPRD Provinsi Jambi Hapis Hasbiallah, Selasa (7/6)

Menurut Hapis, kehadiran Brida tersebut nantinya bisa menggantikan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) yang melakukan riset dan memberikan rekomendasi pada penelitian yang dilakukan Pemerintah Provinsi Jambi.

Pembentukan Brida tersebut juga merupakan perintah Presiden yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 78 tahun 2021 tentang Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Hapis menjelaskan banyak potensi daerah di Provinsi Jambi yang dapat menjadi bahan atau objek penelitian. Melalui Brida bisa dilakukan penelitian terhadap potensi daerah tersebut, dengan harapan dapat meningkatkan potensi daerah menjadi potensi unggulan Provinsi Jambi.

Salah satu potensi alam yang dimiliki Provinsi Jambi yakni komoditas Pinang Betara di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Komoditas pinang tersebut sudah diekspor seperti ke Singapura, Arab Saudi dan beberapa negara lainnya.

Dengan adanya Brida, Pinang Betara tersebut dapat menjadi objek penelitian. Apa kelebihan dari komoditas pinang tersebut sehingga bisa menembus pasar internasional. Dengan adanya penelitian terhadap komoditas tersebut diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dan nilai manfaatnya.

"Jika kita bisa melakukan penelitian dan memproduksi produk turunan dari pinang tersebut maka harga jual komoditas tersebut akan lebih tinggi," kata Hapis Hasbiallah.

Melalui Brida tersebut diharapkan juga dapat meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Jambi, terutama terhadap generasi muda di daerah itu.(HAR)