Lafal Niat dan Tata Cara Sholat Sunah Wudhu, Surga untuk yang Melakukannya

Senin, 12 September 2022 - 15:32:18


/

RADARJAMBI.CO.ID-Selain sholat fardlu lima waktu, umat Islam juga dianjurkan menjalankan sholat sunah untuk menambah pahala dari Allah SWT. Ada banyak salat sunah yang dapat kita lakukan, salah satunya adalah sholat sunah wudhu atau bisa juga disebut syukrul wudhu.

Seseorang yang berwudhu lalu melaksanakan sholat sunahnya akan dinantikan dengan surga. Hal tersebut merupakan keutamaan sholat sunah wudhu yang disebutkan dalam HR Muslim.

Artinya: Tidaklah seseorang berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu salat dua rakaat dengan sepenuh hati dan jiwa melainkan wajib baginya (mendapatkan) surga. (HR. Muslim, no. 234).

Salat sunnah wudhu dilaksanakan usai berwudhu sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT atas pertolongan-Nya sehingga mendapat air wudhu untuk melaksanakan ibadah kepada-Nya.

Jumlah rakaat sholat sunah wudhu dua rakaat dan bisa lebih dari dua asalkan masih kelipatan dua. Sholat sunah wudhu dilakukan setelah berwudhu.

Niat Salat Sunah Wudhu

Setiap ibadah yang akan dilaksanakan oleh umat Islam harus diiringi dengan niat terlebih dahulu. Niat juga berlaku bagi seseorang yang hendak melaksanakan salat sunah wudhu.

Adapun lafal niat sholat wudhu adalah sebagai berikut.

Ushalli sunnatal uudhu'i rak'ataini lillahi ta'ala.

Artinya, saya niat sholat sunah wudhu dua rakaat karena Allah ta’ala.