Lolos Pendanaan Nasional, Tim PPK Ormawa Imatika UNJA Siap Jalani Program Desa Cerdas

Senin, 26 September 2022 - 10:14:43


/

Radarjambi.co.id-Tim Ormawa Imatika FKIP Universitas Jambi berhasil dinyatakan lolos pendanaan nasional dalam Kompetisi Pengabdian Masyarakat PPK (Program Penguatan Kapasitas) Ormawa dari Kemendikbudristek RI.

Program-program yang dijalankan oleh 15 orang mahasiswa ini antara lainpojok-pojok literasi, lokakarya, galeri budaya, dan koperasi siswa wirausaha.

Serangkaian program ini sudah menjadi kesepakatan pemerintah desa setempat dengan tim terkait. Bapak Muhammad Haviz, S.P. Selaku Kepala Desa Rantau Puri mengatakan, semua program yang dilaksanakan adik-adik mahasiswa PPK Imatika banyak sekali manfaatnya untuk pemberdayaan masyarakat di sini.

''Saya berharap dengan hadirnya tim PPK dari Universitas Jambi bisa membawa pengaruh besar untuk kemajuan Desa Rantau Puri.” ujarnya.

Ada banyak pojok literasi yang dibangun tim PPK di Desa Rantau Puri, diantaranya7 unit di SDN 17/I Rantau Puri, 1 unit di TK Ummi, TK A;-Muttaqin, dan MDTA Najatussa’adah.

Serta satu bangunan kayu Pondok Cendekia di sebelah kiriKantor Desa Rantau Puri yang didirikan sejak awal turunnya tim PPK dalam misi pengabdian di Desa Rantau Puri.

Selain pojok literasi, tim juga menggelar beberapa kali lokakarya untuk warga desa yang mengenai pengetahuan literasi keluarga, pencegahan stunting, pelatihan kurikulum merdeka untuk tenaga pendidik, kesehatan mental, dan edukasi seks. Kemudian alam implementasi satu bulan penuh September hingga Oktober.

Tim PPK mengadakan empat kali program Cendekiawan Mengajar di penghujung akhir pekan yang sasarannya meliputi seluruh masyarakat desa setempat.

Tingkat antusiasme masyarakat terhadap program yang dijalankan sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan respon masyarakat yang baik lewat pengisian angket, daftar hadir, serta testimony-testimoni lainnya.

Selama pelaksanaan kegiatan sejak awal Juli masyarakat terlihat sangat menerima baik keberadaan tim PPK Ormawa ini.

''Program PPK Ormawa UNJA di sini memberikan dampak yang baik sekali bagi masyarakat. Kami begitu merasakan perubahan terutama lewat pojok literasi.

Pojok dan pondok cendekia membantu masyarakat meningkatkan keterampilan literasi dan minat baca.Sementara Galeri Budaya menjadi wadah bagi masyarakat untuk memperkaya wawasan budaya lokal dan Provinsi Jambi juga.” ungkap Yanto (53) salah satu tokoh masyarakat Desa Rantau Puri. (*)

Penulis : Tim kreatif PPK ORMAWA

Universitas Jambi