Peringatan HKN ke 58 Sebagai Momentum Transformasi Kesehatan

Senin, 14 November 2022 - 12:57:40


dr. Fery Kusnadi  saat meberi hadiah di Hari  Peringatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) yang ke-58
dr. Fery Kusnadi saat meberi hadiah di Hari Peringatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) yang ke-58 /

Dinkes Provinsi Jambi Gelar Upacara HKN yang ke-58 

RADARJAMBI.CO.ID-Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar upacara dalam rangka Peringatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) yang ke-58 menjadi momentum trasformasi kesehatan, bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat indonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan gotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa pendemi Covid-19.Hal tersebut tergambar dalam tema HKN ke-58 " Bangkit Indonesiaku,sehat Negeriku" Senin (14/11/2022).

Upacara Peringatan HKN bertindak sebagai inspektur upacara di Pimpin langsung Gubernur Jambi Al Haris dan turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr. Fery Kusnadi, Unsur Forkopimda dan OPD terkait.

Peringatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) yang ke-58

Al Haris mengatakan HKN ke-58 mengangkat tema "Bangkit lndonesiaku, Sehat Negeriku" ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat lndonesia yang secara bersama, bahu membahu, dan bergotong royong dalam menghadapi situasi kesehatan di masa Pandemi COVID-19, sehingga masyarakat lndonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif agar lndonesia kembali bangkit dan kembali sehat.

"Tantangan yang kita hadapi sangat berat. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian. Krisis kesehatan akibat Pandemi COVID-19 belum sepenuhnya pulih. Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, lndonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini," tuturnya.

Al Haris menjelaskan, Indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan Pandemi COVID-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, dengan total 442 juta dosis vaksin telah disuntikkan sampai dengan Oktober 2022.

"Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. Sejak bulan Oktober, kita telah mendeteksi adanya kenaikan kembali kasus COVID-19. Data kematian menunjukkan 4 dari 5 pasien meninggal belum divaksinasi booster," jelasnya.

Peserta dan Undangan Hadir di peringatan Hari Kesehatan Nasioanal (HKN) yang ke-58

dr. Fery Kusnadi mengatakan, upacara peringatan HKN di peringati di seluruh Indonesia yang jatuh pada 12 November 2022. Sesuai dengan arahan dan amanat dari Kemenkes dengan menerapkan fokus 6 pilar tranformasi kesehatan.

"Iya, sesuai dengan sambutan dari Kemenkes RI yang di bacakan oleh Gubernur tadi, bahwa ada 6 pilar tranformasi kesehatan di Indonesia," ujarnya.

Transformasi layanan primer, kedua transformasi layanan rujukan, ketiga transformasi sistem ketahanan kesehatan, keempat transformasi sistem pembiayaan kesehatan, kelima transformasi SDM kesehatan, dan ke enam transformasi teknologi kesehatan.

Gubernur Jambi Al Haris didampingi Kepala Dinkes dr. Fery Kusnadi   saat diwawancara

Untuk di ketahui di Ibu Kota Jakarta angka Covid-19 sudah mengalami kenaikan maka dari itu, Fery Kusnadi mengimbau masyarakat sesuai dengan perintah Gubernur Jambi untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam aktivitas sehari-hari."Kenaikan angka covid ini biasanya jarak antara Jakarta dengan peningkatan Provinsi Jambi bekisar 15 sampai 20 hari, ini merupakan akibat dari mobilisasi," pungkasnya.(ria)

Berlangsung acara HKN ke 58