Anggaran Belanja Mobil Mewah Pejabat Pemkab Tanjabar di APBD-P 2022 Mencapai Rp 4.8 Miliar Rupiah

Rabu, 16 November 2022 - 22:27:09


/

RADARJAMBI.CO.ID, TANJABBAR - Pemerintah Kabupaten Tanjab Barat kembali mengadakan belanja Mobil Mewah untuk kendaraan dinas Pejabat dengan nilai yang sangat fantastis.

Tidak tanggung-tanggung, berdasarkan data yang berhasil dihimpun, belanja kendaraan dinas roda empat di tahun 2022 talah mengocek lebih dari Rp 6 miliar anggaran.

Pada APBD-P Tanjab Barat Tahun 2022 ini, Anggaran belanja mobil dinas Pemkab Tanjabbar mencapai Rp. 4,8 miliar untuk 10 unit kendaraan roda empat, padahal sebelumnya pada anggaran APBD murni tahun 2022 telah dianggarkan miliaran rupiah untuk tiga unit mobil dinas yang dipergunakan untuk kendaraan dinas Bupati dan Wakil Bupati serta TP- PKK Kabupaten Tanjab Barat.

Belanja kendaraan dinas ini terkesan sia-sia, pasalnya berdasarkan hasil investigasi media ini, kendaraan dinas yang diganti rata-rata masih sangat layak pakai bahkan masih mulus.

Kabag Umum Setda Tanjab Barat, Dartono dikonfirmasi wartawan mengatakan, belanja mobil dinas pada APBD-P tahun ini yakni satu unit mobil jenis Toyota Fortuner senilai Rp 569 juta, satu unit mobil jenis Hiace senilai Rp 633 juta dan delapan unit jenis Toyota Inova rerbon senilai Rp 450 juta.

"Mobil jenis Inova rerbon sebagian untuk para asisten, staf ahli dan untuk ibu wakil Bupati. Selain itu dua unit mobil lainnya disiapkan untuk tamu," kata Dartono.

Berdasarkan pantauan, 10 unit mobil mewah ini sudah terparkit di depan kantor Bupati Tanjabbar, hal ini sontak mendapat rorotan dari masyarakat.

"Pemkab seharusnya lebih berhati-hati dalam menggunakan anggaran. Terkait pembelian sejumlah mobil mewah untuk pejabat, karena anggaran tersebut dapat untuk pemulihan ekonomi dan pembangunan infrastruktur," kata salah seorang masyarakat Tanjabbar.

"Banyak yang lebih penting daripada kendaraan dinas pejabat, maupun ruang pejabat. Yang perlu dipikirkan oleh bupati adalah masyarakatnya bukan pejabatnya yang malah dimanjakan," singgung masyarakat lainnya.

Selain itu Rehab Ruang Kantor Bupati, Wabup dan Asisten jadi sorotan yang menyedot dana APBD perubahan 2022 Tanjab Barat yang mencapai Rp 2,2 M. (ken)