Pengurus SMSI Provinsi Jambi Periode 2022-2027 Resmi di Lantik

Sabtu, 19 November 2022 - 14:52:55


Sambutan Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa usai pelantikan
Sambutan Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa usai pelantikan /

RADARJAMBI.CO.ID- Pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Jambi periode 2022 -2027 resmi dilantik oleh wakil ketua Umum SMSI Pusat Yono Hartono, di Aston Hotel, Sabtu (19/11/2022).

Pelantikan tersebut disaksikan langsung oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Ketua Dewan Pembina SMSI Sutan Adil Hendra, dan tamu undangan lainnya.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelantikan Pengurus SMSI Provinsi Jambi Risza mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang datang ke acara pelantikan ini.

"Sebagai lembaga yang resmi sudah layaknya pelantikan pengurus SMSI Jambi masa bakti 2022-2027 dilakukan," ujarnya.

Ketua SMSI Provinsi Jambi Mukhtadi Putra Nusa dalam sambutannya mengatakan pelantikan ini mengambil tema 'menuju media siber yang bijak, kritis, santun dan mantap'.

Pengambilan tema tersebuk bukannya tanpa makna atau sekedar tema dan slogan biasa,namun lebih dari itu. Bijak artinya perusahaan- perusahaan pers yang berada di bawah 'kapal besar' SMSI Jambi ini memiliki langkah yang jelas, terukur, serta arif dan bijaksana dalam mewarnai persaingan di era digitalisasi saat ini.

Selanjutnya, kritis diartikan sebagai sebuah sikap konstruktif yang memang menjadi khittah sebuah media pemberitaan publik.

Kemudian santun, tentulah memiliki ranah tersendiri. "Media tidak boleh kebablasan dalam memberikan kritikan-kritikan kepada pemangku kebijakan, tanpa dibarengi dengan solusi konkrit. semua memiliki norma dan akidah tersendiri. seperti kata kita orang melayu, melukai tapi tak berdarah, mencubit tapi tak membekas," ungkapnya.

Terakhir mantap. Kata mantap dipilih sebagai bentuk sinergi antara SMSI Provinsi Jambi dengan Pemerintah Provinsi Jambi yang saat ini sedang gencar-gencarnya merealisasikan program Jambi Mantap.

"Kami berharap, berkeinginan dan meyakini dengan optimis, perusahaan-perusahaan pers yang berada di bawah SMSI Provinsi Jambi bisa merealisasikan tema pelantikan kita hari ini. tentu dengan dukungan semua pihak terkait," katanya.

Mukhtadi menyebutkan, sebagai organinasi perusahaan pers yang sudah menjadi konstituen dewan pers, SMSI Provinsi Jambi menaungi lebih kurang 64 perusahaan pers online, dan SMSI terus berusaha untuk berbuat lebih baik kedepannya.

"Berbuat maksimal agar anggota-anggota SMSI menjadi sebuah perusahaan pers profesional, mendorong secara kontinyu agar seluruh perusahaan terverifikasi secara faktual oleh dewan pers," harapnya.

Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dalam sambutannya mengatakan harapan dan doa, dengan pelantikan hari ini Jambi akan semakin mantap dan berkah ke depan. 

"Teman-teman yang dilantik dan yang melantik tadi, ini sebagaian dari amal soleh dan bakti kita," kata Wagub.

Wagub mengatakan, keinginan membentuk serikat media yang mencerminkan adanya kesatuan dan persatuan sesama media di Jambi. Dengan adanya pengurusan ini SMSI Jambi dapat terorganisir dengan baik.

"Tentunya dapat meningkatkan media siber di Jambi ini. Saya mengucapkan selamat pelantikan SMSI di Jambi. Semoga ada program SMSI Jambi, dan inovasi mauoun terobosan yang baru," harap Abdullah Sani.

Sementara itu, Yono Hartono selaku Wakil Ketua Umum SMSI Pusat meminta maaf karena ketua SMSI pusat tidak bisa menghadiri pelantikan SMSI Provinsi Jambi, karena beliau sedang sakit

"Mohon maaf beliau lagi sakit terkena serangan kantung," katanya.

Dia mengatakan, SMSI merupakan organisasi  anggota dewan pers, dimana SMSI memiliki anggota terbanyak di dunia.

Ketua dewan penasehat SMSI Provinsi Jambi Sutan Adil Hendra berharap kehadiran SMSI Provinsi Jambi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Mari sama-sama kita berbuat demi kemajuan Provinsi Jambi dengan memberikan informasi yang baik dan benar," katanya.

Sutan Adil Hendra juga mengatakan melalui pelantikan SMSI ini, dia yakin jadi momentum kemajuan dunia pers, untuk Informasi di Jambi.

"SMSI menjadi teman dan mitra bagi kita semuanya membangun Jambi yang mantap. Kami berharap menuju media Siber yang kritis, santun dan mantap," katanya. 

Kehadiran SMSI di Jambi ini diharapkan masyarakat terutama para jurnalis, agar melakukan langkah-langkah yang baik, sebab siapa yang menguasi dunia informasi, dialah yang akan mengusai dunia.

"Saya yakin yang dilantik hari ini semuanya orang kompeten," katanya.

SMSI juga harus memerangi berita hoaks, agar dapat dipercaya semua pihak. "Kami yakin ini, menjadi awal yang baik menuju media yang santun dan mantap di Jambi. Sekali lagi selamat yang baru dilantik," tutupnya. (*)