Lahirnya Peradaban Baru

Kamis, 29 Desember 2022 - 20:43:08


/

Radarjambi.co.id-Globalisasisi merupakan suatu proses yang dimana sekat yang menjadi pembatas antar negara di dunia hilang disebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan adanya akal yang dimiliki manusia menjadikan ilmu pengetahuan terus mengalami kemajuan.

Globalisasi ini membawa dampak positif maupun dampak negatif bagi umat manusia, sehingga globalisasi sangat berpengaruh bagi bangsa Indonesia terutama di bidang teknologi.

Adanya globalisasi juga sangat mempengaruhi kecepatan perkembangan teknologi di Indonesia. Dengan demikian masyarakat Indonesia akan sangat dimanjakan oleh kemudahan – kemudahan teknologi.

Berkembangnya ilmu pengetahuan yang diakibatkan adanya globalisasi membuat teknologi menjadi sangat canggih.

Hal ini mengakibatkan tergantikanya pekerjaan manusia oleh otomatisasi teknologi. Pernyataan tersebut didukung dengan adanya bukti-bukti yang ada.

Dilansir dari CNBC Indonesia, Robot Cleaning Service saat ini sudah dipakai di mall-mall ibukota.

Meski tidak semua bidang bisa dilakukan oleh teknologi namun tidak menutup kemungkinan AI (Artificial intelligence) akan menggeser pekerjaan – pekerjaan manusia dengan kecanggihan teknologi yang terus berkembang.

Kemajuan AI (Artificial intelligence) merupakan teknologi yang menggabungkan sejumlah data dan algoritma dengan cepat yang menjadikan sebuah sistem kecerdasanya hampir setara dengan manusia namun tidak menutup kemungkinan kemajuan AI (Artificial intelligence) akan setara dengan manusia.

Dilansir dari BBC, Russell mengatakan bahawa manusia akan berada pada titik bahaya karena kemajuan AI.

Dalam hal ini bangsa Indonesia harus bisa menjadi penggerak teknologi bukan budak teknologi di era globalisasi.

Di sisi lain, kemajuan teknologi memberikan peluang baru bagi masyarakat Indonesia dengan lahirnya inovasi dan bakat baru di masa depan.

Pengembangan inovasi dapat dilakukan dalam berbagai bidang keahlian, diantaranya Artificial intelligence (AI), Machine Learning (ML), dan Programmer. Dalam pengembangan teknologi sangat membutuhkan inovasi tersebut.

Sektor ekonomi juga mengalami kemajuan, hampir seluruh perusahaan di Indonesia mulai mengembangkan produktivitas melalui sistem digital.

Kedepannya tidak menutup kemungkinan bidang politik dan pendidikan juga akan mengalami perubahan teknologi secara signifikan.

Seorang AI/LM Engineer juga memiliki tugas untuk mengidentifikasi kebutuhan hingga merancang suatu sistem kecerdasan buatan sebagai solusi atau kebutuhan teknologi yang berperan bagi manusia serta industri untuk mempermudah suatu aktivitas.

Sehingga talenta AI/LM Engineer memiliki peluang besar yang akan dicari oleh perusahan, instansi terkait, hingga ke ranah politik, dan pendidikan.

Programmer sebagai suatu talenta yang sangat dibutuhkan pada zaman serba digital memiliki tugas dan peran penting.

Baik untuk pemahaman maupun pengembangan berbagai macam bahasa pemrograman agar sesuai dengan kebutuhan.

Bahasa pemrograman digunakan untuk membangun suatu software atau aplikasi penunjang sistem kerja digital.

Jadi dengan kemajuan kecerdasan buatan AI mungkin tidak dapat menggantikan manusia sepenuhnya tapi akan sangat mempermudahkan pekerjaan manusia.

Sehingga perusahaan yang akan meminimalisir karyawannya karena karyawan yang ada sangat dimudahkan adanya AI atau karyawan akan tetap, namun tasks yang diselesaikan jadi lebih banyak dan masyarakat akan diuntungkan oleh kemajuan teknologi dengan memberi ruang bidang keahlian baru yang dibutuhkan di masa depan.(*)

 

 

Penulis : irsyadul Ibad
Fakultas: Fakultas Teknologi Industri
Prodi : Teknik Elektro