Gaya Kepemimpinan Ideal dalam Konteks Sebagai Mahasiswa

Kamis, 29 Desember 2022 - 23:12:10


Bela Saputri Dewi
Bela Saputri Dewi /

Radarjambi.co.id-Setiap kelompok, komunitas, grup, perkumpulan, ataupun organisasi tentunya memiliki visi, misi, maupun tujuan yang hendak dicapai bersama.

Tujuan dari setiap komunitas maupun organisasi tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan orang-orang yang berada didalamnya, karena merekalah yang bekerjasama memegang kendali untuk dapat mencapai tujuan yang telah mereka rancang bersama.

Dalam proses menjalankan visi dan misi agar mencapai tujuan bersama, setiap anggota organisasi akan berbagi tugas agar kinerja mereka akan lebih efektif.

Peranan seorang pemimpin yang tegas dan berani sangatlah dibutuhkan dalam sebuah kelompok maupun organisasi agar misi dapat berjalan terarah.

Mengapa demikian? Ketegasan dan keberanian yang ada dalam pribadi seorang pemimpin akan diperlukan saat hendak mengambil keputusan secara cepat dan tepat tentunya.

Disamping itu, seorang pemimpin sebaiknya memiliki sifat fleksible atau luwes yang artinya ia mampu menyesuaikan dalam segala kondisi dan dapat menerimanya dengan baik.

Seorang pemimpin yang baik akan dengan senang hati menerima usulan, gagasan, ataupun pendapat dari anggotanya.

Jadi, ia harus tegas namun bukan berarti keras ataupun kaku, ia tegas namun bukan berarti ia menuntut.

Sosok seorang pemimpin juga diharapkan mampu memberikan pengaruh dan motivasi kepada orang sekitarnya melalui proses komunikasi yang baik.

Tak hanya dapat memotivasi dan menginspirasi, sosok seorang pemimpin juga harus siap menampung apresiasi maupun keluh kesah.

Ia harus mampu mengayomi dan mampu menempatkan diri terhadap orang lain terutama anggota dan orang disekitarnya agar dapat terjalin hubungan yang baik.

Pemimpin harus mencoba mengerti dan memahami setiap rekannya karena setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, memiliki kelebihan dan kerkurangan masing-masing. Disinilah peran pemimpin dibutuhkan untuk menyatukan perbedaan mereka menjadi sebuah kekuatan bagi organisasi.

Seorang pemimpin juga harus dapat dipercaya dan bertanggungjawab.

Ia harus bisa mengemban amanah yang sudah ia terima dengan baik dan dengan penuh pertanggungjawaban agar tercapainya tujuan dari sebuah organisasi dan harapan seluruh anggota dapat terealisasikan.

Pemimpin yang jujur dan dapat bertanggungjawab akan mudah disegani oleh rekannya.

Pemimpin juga harus memiliki pola pikir jangka panjang agar proses menggapai tujuan terencana dengan baik dan terstruktur.

Dalam organisasi kita bekerjasama dengan banyak orang dengan karakter yang berbeda beda, sehingga kita harus memiliki perencanaan yang matang dan terstuktur dengan baik.

Nah, disinilah tentunya kita membutuhkan seorang pemimpin yang cerdas. Tanpa adanya seorang pemimpin yang cerdas, bagaimana bisa sebuah organisasi membuat perencanaan dengan baik.

Sebuah organisasi harus berkemajuan dalam arti terus bergerak maju menjadi yang lebih baik dan terus berkembang.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan yang kami harapkan yaitu dimana pemimpin dapat memberikan pengaruh dan keputusan namun mereka juga memiliki sifat situational, sosial, dan berkemajuan.(*)

 

Penulis: Bela Saputri Dewi Mahasiswi UAD