Mahasiswa Outbound PMM UAD Ikuti Kontribusi Sosial di Kaki Gunung Bulukumba

Minggu, 01 Januari 2023 - 21:01:12


/

Radarjambi.co.id-Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengikuti Kegiatan kontribusi sosial dalam agenda kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka berlokasi di Bulukumba, Sulawesi Selatan selama 3 hari Senin-Rabu (26-28/12).

Mahasiswa yang turut serta dalam kegiatan kontribusi sosial ini yakni 91 mahasiswa dan 7 dosen Modul Nusantara.

Mahasiswa disebar ke 3 Desa yakni Kindang, Kahayya, dan Oro Gading. Setiap mahasiswa memiliki kelompoknya sendiri untuk melaksanakan proker yang sudah mereka rancang sebelumnya.

Dalam kegiatan ini Mahasiswa Prodi PBI UAD, Tri Novafitasari yang mengikuti program pertukaran mahasiswa di Universitas Bosowa dengan timnya menyelenggarakan program kerja Sosialisasi Pola Asuh Orang Tua dan Modifikasi Panganan Lokal.

Antusias yang didapat oleh mahasiswa dalam kegiatan ini pun mendapat sambutan yang sangat positif. Banyak anak-anak dan Ibu-Ibu turut hadir dalam kegiatan Sosialisasi ini. Bapak H. Muhammad Nasir, S. Sos. merupakan (Kepala Desa Oro Gading, Kel. Oro Gading, Kecamatan Kindang, Bulukumba) menyambut baik para mahasiswa dengan sambutan hangat dan fasilitas yang mendukung agar para mahasiswa dapat melakukan kegiatan kontribusi sosial di Desa Oro Gading.

Sosialisasi yang dilakukan yakni mengenai Pola Asuh Orangtua dan Modifikasi Panganan Lokal, dimana Hal ini bertujuan untuk lebih memberikan kesadaran orang Tua terhadap anak-anaknya, seberapa jauh orang Tua di Desa Oro Gading mengenal dan memiliki kedekatan kepada anak-anaknya.

Sedangkan untuk modifikasi panganan Lokal sendiri mahasiswa PBI UAD ini bermaksud untuk memperkenalkan jajanan yang telah sangat dikenal dipulau jawa namun masih asing di pulau sulawesi.

Hal tersebut juga memiliki tujuan untuk lebih memperkenalkan budaya asal terhadap tempat tujuan mereka di pulau seberang.

Kegiatan Sosialisasi Panganan Lokal dilakukan dengan metode perlombaan beberapa tim. Mahasiswa memberikan arahan dan resep masakan yang akan dijadikan panganan.

Kegiatan kontribusi sosial yang hanya dilaksanakan sangat singkat ini mendapat sambutan yang baik dan menghadirkan dampak positif bagi para mahasiswa pertukaran juga warga desa.

Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sampai dengan tangis haru ketika harus berpamitan dan berpisah dengan warga desa. (*)

 

 

Penulis : Tri Novafitasari
Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta