Dua Tahun Menjabat Fadhil Realisasikan 94 Persen Janji Kampanye

Jumat, 06 Januari 2023 - 12:54:24


Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief
Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief /

Radarjambi.co.id-BATANGHARI - Tahun 2022 merupakan tahun awal dimulainya pelaksanaan visi dan misi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief-Bakhtiar.

Pemkab Batanghari pun langsung menetapkan dengan Perda Kabupaten Batanghari Nomor 2 Tahun 2021 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Batang Hari Tahun 2021- 2026.

Implementasi dari RPJMD tersebut adalah arah kebijakan pembangunan atau yang lebih dikenal dengan 36 Program Prioritas.

“Alhamdulillah secara teknis beberapa program prioritas yang direncanakan mulai tahun 2021 sebagian sudah mulai dilaksanakan, walaupun belum begitu maksimal,” kata Fadhil, baru-baru ini.

Dia mengatakan, mulai tahun 2022 seluruh program dari 36 Program Prioritas tersebut sudah dianggarkan dan dilaksanakan secara bertahap.

Adapun 36 Program Prioritas yang akan dan telah dilaksanakan pada Tahun 2022 ini di antaranya :

Petani Cerdas; Pengelolaan Jalan Produksi dan Jalan Usaha Tani; Optimalisasi Pertanian; Pelayanan Keliling Desa/Kelurahan untuk Pembuatan Administrasi Kependudukan Secara Gratis.

Kemudian Jaminan Kesehatan Gratis Bagi Seluruh Masyarakat Kurang Mampu/Miskin; Program Dokter Tangguh Desa/Kelurahan; Rumah Bunda; Pemberdayaan Wirausaha Wanita; Percepatan Perbaikan/Pembangunan Jalan Antar Desa/Kelurahan dan Antar Kecamatan.

Lalu program Penerangan Jalan Seluruh Wilayah Batang Hari; Pemenuhan Jaringan Listrik; Pemberdayaan Milenial dan Santri; Mendatangkan Investor untuk Membuka Lapangan Kerja dan Memprioritaskan Masyarakat Setempat; Pelatih Olahraga Tangguh; Beasiswa Bagi Siswa dan Mahasiswa untuk Masyarakat Kurang Mampu/Miskin.

Lalu Penyuluhan Keliling Anti Narkoba; Peningkatan Kapasitas Tenaga Pendidik; Pembangunan Islamic Center;
Pembangunan dan Revitalisasi Pasar Modern; Pembangunan dan Pengembangan Potensi Pariwisata Desa/Kelurahan; Pembangunan Ruang Komunitas di Kecamatan; Penempatan Pejabat yang Sesuai Dengan Kompentesi/Ahli dan Bebas KKN.

Kata Fadhil, evaluasi terhadap pelaksanaan kinerja pemangku jabatan dilakukan lewat seleksi dengan menggunakan Lembaga yang kredibel. Selain itu akan dilaksanakan Uji Kompetensi berupa Talent Pool bagi Pejabat Administrator yang ada.

Kemudian program Pembangunan Alun-Alun Ibu Kota Kabupaten Batanghari; Pusat Kerajinan, Perdagangan Kuliner, dan Oleh-oleh Khas Batang Hari; Jumat Barokah; gotong royong bersama masyarakat; Penyediaan Rumah Layak Huni Bagi Masyarakat Miskin, Terutama Rumah Dalam Kebun Bagi Petani Kecil.
Fadhil kemudian melanjutkan, program lainnya adalah Pelayanan Air Bersih Yang Baik.

“Pelaksanaan ini dilakukan dengan konsisten memberikan dukungan hibah air minum perkotaan kepada Perumda Air Minum Tirta Batanghari,” kata dia.

Lalu Penyelenggaraan Event Olahraga, Seni, dan Budaya; Batang Hari Institut; Pembangunan Track Sirkuit; Gerakan Membaca Alquran (GEMAR); Sertifikasi Tanah Seluruh Masyarakat Batang Hari.

Fadhil mengakui, perubahan menuju arah baru Batanghari TANGGUH (Terdepan, Agamis, Nyaman, Gotong Royong, Bermutu Dan Harmonis), hanya dapat dicapai dengan kerja keras dan sinergisitas semua.

“Dengan saling bersinergi saya yakin dan percaya akselerasi perwujudan BATANGHARI TANGGUH dapat kita capai demi peningkatan kesejahteraan masyarakat Bumi Serentak Bak Regam,” kata dia.

Untuk itu, Fadhil mengajak semua pihak bersama-sama berkontribusi untuk pembangunan di Kabupaten Batanghari.

Dia juga berterima kasih kepada semua elemen masyarakat atas setiap upaya dan doa serta dukungannya.

“Saya juga mohon maaf apabila sampai saat ini, kami belum sempurna membangun Kabupaten Batanghari. Insya Allah, kami akan terus meningkatkan upaya dan usaha dalam perjuangan membangun Kabupaten yang kita cintai ini,” kata dia. (hmi/akd)