Magang Kependidikan Sebagai Bekal Menjadi Seorang Guru Melalui Kegiatan MBKM

Jumat, 10 Maret 2023 - 11:02:22


/

Radarjambi.co.id-Dikutip dari kompasiana.com magang MBKM merupakan salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diterapkan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia.

Yang menggunakan sistem penggantian matakuliah yang setara dengan 20 SKS yang difokuskan agar mahasiswa menerima sebuah pengalaman baru di dunia kerja dengan harapan mahasiswa dapat segera terjun kedunia lingkungan kerja setelah lulus.

Dengan mengikuti program magang kependidikan mahasiswa dapat merasakan bagaimana dunia nyata dalam mengajar.Mereka dapat berjumpa dengan mahasiswa dari berbagai prodi di sekolah tempat mitra mereka mengajar.

Disana mereka dapat bertukar pikiran saling memberi informasi,berkolaborasi, dan bekerjasama satu sama lain dalam melaksanakan tugasnya saat mengjar di sekolah.

Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri setelah selesai kuliah dan lamgsung mengajar di dunia nyata.

Perguruan tinggi dituntut agar mahasiswa dapat meraih pembelajaran yang inovatif dan dapat di terapkan dengan sekolah mitra yang ia dapatkan melalui kegiatan MBKM ini.

Sekolah yang menjadi tempat mitra untuk kegiatan ini juga sekolah-sekolah yang sudah terakriditasi A.Magang kependidikan ini merupakan kegiatan non akademik yang bertujuan untuk membentuk jati diri tenaga kependidikan, memantapkan kompetensi akademik pendidikan dan arah studi.

Memantapkan keterampilan dasar peserta didik calon guru, mengembangkan perangkat pengajaran dan keterampilan pedagogik dalam membangun bidang kompetensi pendidikan.

Setiap kegiatan yang ada di sekolah mitra tempat kita mengajar kita wajib mengikutinya sesuai dengan mata kuliah yang di konversi,dalam melaksanakan setiap kegiatan akan dibantu oleh dosen pembimbing dari universitas dan ada guru pamong dari sekolah mitra.

Kegiatan magang kependidikan ini sangat penting di lakukan guna meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills bagi seseorang mahasiswa guna sebelum menghadapi dunia kerja di masa yang akan datang.

Dengan mengikuti magang kependidikan ini mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kepercayaan diri, dan kepekaan sosial kepada siswa saat mengajar atau di dunia nyata,bukan hanya sekedar teori mahasiswa langsung lebih ke pratiknya.

Pengalaman dan pembelajaran yang sangat berarti jika mengikuti kegiatan magang kependidikan ini wujud dari MBKM.

Mengikuti kegiatan magang kependidikan ini pula kita belajar mengatur waktu dari mulai mengajar hingga membuat tugas yang telah dikonversi dari kampus dengan itu pula mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini dapat mengatur waktunya dengan baik.

Kegiatan magang kependidikan sebagai bekal menjadi guru dapat memberikan pengalaman lapangan kontekstual yang meningkatkan keterampilan mahasiswa secara keseluruhan, siap bekerja atau menciptakan lapangan kerja baru.

Saat menjalani program magang kependidikan ini, tentunya akan mendapatkan sejumlah tugas dari sekolah mitra yang didapatkan.Kemudian dari tugas-tugas inilah yang akan memberikan wawasan dan pengalaman baru serta menambah skill lebih efektif dan bermanfaat untuk pekerjaan di masa yang akan datang.

Kegiatan magang kependidikan ini sangat dinantikan oleh saya Resi Anggi Indah Lestari dari Universitas Jambi yang mengikuti program magang kependidikan di sekolah mitra yakni SMAN 1 Batanghari pada tahun 2022.

Mengikuti magang kependidikan di SMAN 1 Batanghari sejak 21 September sampai 21 Desember 2022.Selama mengikuti kegiatan magang kependidikan yang bisa dibilang melelahkan akan tetapi selalu ada makna di setiap harinya bersama teman-teman dan anak-anak di SMA.

Selama mengikuti kegiatan magang kependidikan ini saya mendapatkan pengalaman berharga di sekolah tempat mitra saya melakukan magang yaitu saya dapat memahami satu-satu sifat atau karakteristik dari setiap individu di dalam kelas.

Saya juga dapat memahami bagaimana cara mengajar di setiap kelas,karena setiap kelas mempunyai kompetensi yang berbeda-beda di sana juga saya dapat memahami jam mengajar karena semakin siang metode yang saya pakai berbeda dengan metode saya mengajar di pagi hari.

Kegiatan magang kependidikan merupakan program dari kemendikbudristek berhasil menjadi ajang bekal menjadi seorang guru karena melalui program ini mahasiswa dapat mengasah kemampuan yang mereka miliki yang telah mereka mampu sebelumnya di kampus.

Dengan kegiatan ini pula mahasiswa dengan mudah kedepannya setelah seleesai dari kuliahnya langsung mengajar di sekolah dengan rasa percya yang tinggi.

Kegiatan magang kependidikan ini memberikan dampak positif dan diterima sangat antusias oleh mahasiswa dan sangat banyak yang mengikutinya semoga kegiatan ini dapat terus berjalan.

Program yang di adakan oleh kemendikbudristek jika ditinjau dari konsep dan pengaplikasiannya menurut saya baik untuk mendukung Sumber Daya Manusia (SDM) sebelum memasuki dunia kerja.Kegiatan Magang Kependidikan ini sangat berpengaruh bagi calon guru untuk melatih tingkat kepercayaan diri. (*)

 

Penulis :  Resi Anggi Indah Lestari Mahasiswi Universitas Jambi