Pj Bupati Bachyuni Deliansyah menghadiri kegiatan Gebyar Posyandu Tahun 2023

Kamis, 16 Maret 2023 - 10:19:54


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Pj Bupati Bachyuni Deliansyah menghadiri kegiatan Gebyar Posyandu Tahun 2023 

Adapun tema Gebyar Posyandu tahu ini adalah 'Mari Tingkatkan Peran Posyandu dalam Percepatan Penurunan Angka Stunting di Kabupaten Muaro jambi'. Kegiatan ini dipusatkan di lapangan Sepakbola Desa Pondok Meja, Kecamatan Mestong.

Ketua TP PKK Kabupaten Muaro Jambi Faradilah Zaharah Bachyuni menyampaikan tujuan dilaksanakannya Gebyar Posyandu Kabupaten Muaro Jambi tahun 2023 ini adalah, untuk memberikan motivasi kepada seluruh kader Posyandu yang ada di Kabupaten Muara Jambi agar meningkatkan kualitas pelayanan posyandu.

"Melalui Gebyar Posyandu, diharapkan agar masyarakat memperhatikan kesehatan ibu hamil dan balita dengan rutin membawa ke Posyandu," sebutnya.

Para kader, dapat mensosialisasikan standar pelayanan Posyandu dalam menurunkan angka stunting melalui penyuluhan gizi bagi ibu hamil balita dan ibu menyusui.

Lanjutnya peserta Posyandu Kabupaten Muaro Jambi tahun 2023 ini, berjumlah sebanyak 1000 orang. Terdiri dari Tim Penggerak PKK Kabupaten, (meliputi unsur pimpinan dan anggota), Para Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, Ketua Tim Penggerak PKK Desa dan Kelurahan serta kader Posyandu Se-kabupaten Muaro Jambi.

Faradillah Zaharah menyebutkan pembiayaan penyelenggaraan Gebyar Posyandu Muaro Jambi tahun ini bersumber dari Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Sekretariat Daerah, dan Desa Se-kabupaten Muaro Jambi tahun anggaran 2023 dan bantuan dari Forum CSR Kabupaten Muaro Jambi.

Sementara itu Pj Bupati Bacyuni Deliansyah dalam sambutanya menyampaikan angka stunting di Muaro Jambi ada 27,2 Persen, angka stunting itu, diketahui dari rilis tahun 2022. Dengan semangat bersama-sama antara pemerintah dengan seluruh kader, angka stunting turun dari 27,2% menjadi 18,2 persen.

'Ini semua berkat dukungan kader-kader PKK yang ada di Kabupaten Muaro Jambi," sebut Pj Bupati Bachyuni Deliansyah.

Pj Bupati menyebutkan, alasan kenapa dilaksanakan di Kecamatan Mestong, karena dari 11 Kecamatan yang ada, Kecamatan Mestong termasuk tertinggi angka stunting nya.

"Dari 722 anak stunting di sini, sekarang tinggal 500 anak. Jadi, perlahan tapi pasti angka stunting mengalami penutunan. Ini sesuai dengan moto Muaro Jambi Bergerak Mantap," jelasnya.

"Sesuai arahan Pemerintah Pusat, jadi saya minta kepada para Camat yang hadir pada hari ini, untuk bisa memetakan berapa jumlah stunting yang ada di kecamatannya masing masing," timpalnya.(akd)