Ratusan PNS Sarolangun Pensiun Hingga Desember 2023

Minggu, 02 April 2023 - 21:24:41


Kepala BKPSDM, H A Waldi Bakri dan Kabid IPK, Erry Harry Wibawa
Kepala BKPSDM, H A Waldi Bakri dan Kabid IPK, Erry Harry Wibawa /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN– Berkurangnya jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bekerja di lingkungan Pemkab Sarolangun akan terjadi secara signifikan hingga Desember tahun 2023. Pasalnya, sebanyak 115 PNS akan memasuki Batas Usia Pensiun (BUP).

Hal ini dikatakan Kepala BKPSDM Sarolangun, H A Waldi Bakri melalui Kabid IPK, Erry Harry Wibawa. Menurutnya, dari 115 PNS yang memasuki batas usia pensiun tercatat sebanyak 7 orang pejabat eselon II, 8 orang pejabat eselon III, sisanya staf dan fungsional di OPD dan guru.

”Dari data yang terkonfirmasi di BKPSDM sebanyak 115 orang PNS akan pensiun,”ujarnya. .

Erry menjelaskan, jika mengacu pada ketentuan peraturan BKN Nomor 2 Tahun 2017 tentang pemberhentian PNS, maka pegawai yang masuk pada batas usia pensiun diperbolehkan untuk mengajukan satu tahun sebelum masuk TMT batas usia pensiunn.

”Kini proses pensiunan sudah berbasis aplikasi atau secara online, jadi para PNS silahkan berkoordinasi dengan Kasubbag umum dan kepegawaian masing-masing untuk mempersiapkan persyaratannya dengan melengkapi berkas yang diperlukan dimasukkan ke aplikasi untuk pemberhentian PNS di BKN,”terangnya.

Selain itu, dipaparkan Kabid IPK, dengan adanya purna tugas PNS di lingkungan Pemkab Sarolangun, otomatis akan terjadi pengurangan pegawai, sementara beban kerja di OPD masih sangat terbantu dengan adanya Tenaga Kontrak Daerah (TKD).

”Sepertinya, untuk tahun ini belum ada kepastian penerimaan CPNS, namun kita tetap usulkan untuk formasi PPPK ke BKN, sebab setiap tahun PNS masuk batas usia pensiun,"tambahnya.

Ketika disinggung terakit soal 7 orang jabatan eselon II yang juga masuk ke batas usia pensiun, dikatakan Kabid IPK, jika tekait dengan pengisian kekosongan jabatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sarolangun akan melakukan lelang jabatan atau seleksi terbuka.

"Kekosongan eselon II akan dilakukan lelang terbuka. Namun, menjelang dilaksankan lelalng terbuka, tentu kekosongan jabatan akan diisi oleh pelaksanan tugas,"pungkasnya.


PENULIS: CHARLES R
EDITOR: ANSORY S