Ketua DPRD Sarolangun Terima Nota Pengantar LKPJ Bupati 2022 untuk Dievaluasi

Senin, 03 April 2023 - 16:44:03


Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati 2022
Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati 2022 /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN-Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari didampingi Wakil Ketua II, Syahrial Gunawan menerima nota pengantar LKPJ Bupati Sarilangun tahun 2022 yang diserahkan oleh Penjabat (PJ) Bupati Sarolangun, Henrizal.

LKPJ yang diterima Ketua DPRD Sarolangun tepatnya dalam pelaksanaan rapat paripurna tingkat 1 tahap I DPRD Sarolangun dengan agenda penyampaian LKPJ Bupati tahun 2022 yang berlangsung Senin (03/04), siang..

Ketua DPRD, Tontawi Jauhari menilai, Kepala Daerah wajib menyampaikan LKPJ sesuai dengan amanah yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

"LKPJ yang diterima oleh DPRD akan segera dibahas sesuai dengan tahapan proses yang prosedural yang mengacu pada aturan yang berlaku,"sebut Tontawi.

Politisi paling senior di parleman Sarolangun yang kini juga tengah menjabat Ketua DPD II Golkar Sarolangun menjelaskan, jika muatan LKPJ merangkum arah kebijakan umum pemerintah daerah yang memuat visi, misi, strategi, kebijakan, prioritas daerah. Selain itu, pengelolaan keuangan daerah secara makro, termasuk pendapatan dan belanja daerah, memuat: pengelolaan pendapatan daerah.

"Tentunya LKPJ ini akan dievaluasi, seperti dalam pengelolaan keuangan daerah, yang ditujukan kepada pencapaian kinerja perolehan pendapatan, pencapaian kinerja, pengalokasian belanja dan pembiayaan,"ucapnya.

Paparan PJ Bupati Henrizal menyampaikan, jika saat ini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Jambi sedang melakukan audit secara komprenship terhadap laporan keuangan pemerintah Kabupaten Sarolangun tahun 2022.

"Capaian indikator pembangunan daerah tahun 2022 dalam mencapai visi dan misi Bupati Sarolangun tahun 2017-2022, masih banyak hal yang harus dibenahi kedepan, Terima kasih kepada pimpinan dan anggota DPRD Sarolangun serta seluruh jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun atas kerja sama dalam melaksanakan pembangunan daerah,"jelasnya.

 

PENULIS: CHARLES R
EDITOR> ANSORY