Radarjambi.co.id-JAMBI-Guru yang kreatif menggunakan lingkungan Media game dalam pembelajaran dapat menjadi solusi yang menarik untuk meningkatkan minat belajar siswa dan efektivitas pembelajaran.
Saatnya guru berinovasi, kreatifitas guru mulai dikembangkan di masa pandemi Covid-19 dalam pemberian tugas ke peserta didik.
Salah satunya dengan cara memanfaatkan media game dalam pembelajaran.
Sama halnya ketika kita mempelajari atau menyerap bahasa inggris melalui media game yang di mainkan adapun kata tersebut seperti: open, next, kill, save, back, leave dan masih banyak lagi.
Media Game mempunyai manfaat positif seperti:
Pertama, media game dapat membantu meningkatkan minat belajar siswa.
Siswa cenderung lebih tertarik pada pembelajaran yang menarik dan interaktif.
Dengan menggunakan media game, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik, yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka lebih aktif dalam pembelajaran.
Kedua, media game dapat membantu meningkatkan keterampilan kognitif siswa.
Dalam game, siswa perlu memecahkan masalah dan mengambil keputusan dengan cepat. Ini membantu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan kognitif lainnya yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Ketiga, media game juga dapat membantu meningkatkan kemampuan beradaptasi siswa.
Dalam game, situasi dan tantangan berubah dengan cepat, yang memerlukan kemampuan beradaptasi yang cepat.
Ini dapat membantu siswa lebih siap menghadapi perubahan dan tantangan dalam kehidupan nyata.
Keempat, media game juga dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial siswa.
Beberapa game memungkinkan siswa untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain untuk mencapai tujuan yang sama.
Ini dapat membantu meningkatkan keterampilan sosial dan kerjasama siswa, yang sangat berguna dalam kehidupan sosial dan profesional.
Kelima, media game juga dapat membantu meningkatkan kreativitas siswa.
Dalam beberapa game, siswa dapat menciptakan dan mengubah lingkungan mereka sendiri, yang dapat membantu meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah yang inovatif.
Keenam, media game dapat membantu mengurangi rasa bosan dan monotoni dalam pembelajaran.
Siswa cenderung bosan dengan metode pembelajaran yang sama setiap hari.
Dengan menggunakan media game, guru dapat menciptakan pengalaman pembelajaran yang berbeda dan menarik setiap hari, yang dapat membantu mengurangi rasa bosan dan monoton dalam pembelajaran.
Terakhir, bermain game juga dapat membantu meningkatkan hubungan antara guru dan siswa.
Media permainan memungkinkan guru menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menarik yang dapat membantu membangun hubungan yang lebih erat dan positif antara guru dan siswa.
Singkatnya,pembelajaran yang menarik didapatkan dari mana saja salah satunya penggunaan sumber Media game, dalam pembelajarannya dapat menawarkan banyak manfaat bagi siswa dan guru.
Guru yang kreatif dan inovatif dapat menggunakan media game ini untuk menciptakan pengalaman belajar yang berkesan bagi peserta didik.(*)
Penulis : Jimi Laresa mahasiswa PBSI
UAD Yogyakarta
Aswan Hidayat Usman Terpilih menjadi Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Jambi periode 2024-2027