DPRD Sarolangun Temu Santai Bareng Rekan Jurnalis

Senin, 15 Mei 2023 - 21:47:08


Pimpinan DPRD bersama Jurnalis
Pimpinan DPRD bersama Jurnalis /

RADARJAMBI.CO.ID,SAROLANGUN –Diinisiasi bagian Humas Sekretariat DPRD, acara temu santai Ketua DPRD, Tontawi Jauhari didampingi Waka II DPRD, Syahrial Gunawan, Ketua Prompemda Fadlan Kholik, Ketua Komisi II Hermi dan Kassubag Humas Marhamah bersama para rekan Jurnalis mitra DPRD berjalan dengan penuh khidmat.

Pertemuan tersebut berlangsung pada Senin (15/05) di Cafe Mama Ikke 2, Laman Basamo Sriwijaya Sarolangun, Kelurahan Pasar Sarolangun, Kecamatan Sarolangun.

Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari melontarkan apresiasi atas terlaksananya shilaturahmi yang di kemas dalam bentuk temu santai. 

"Kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap tahun, tujuan untuk mempererat sinergitas DPRD dengan Jurnalis,"katanya.

Menurutnya, peran media ini memang sangat penting, artinya untuk mendukung kemajuan daerah, selain itu untuk mempromosika  daerah Sarolangun ke luar daerah hingga manca negara. 

Menariknya, Ketua DPRD mengakui, jika pihaknya open dalam menerima masukan, saran dan kritikan. Namun, perlu digarisbawahi, jika kritikan itu harus bersifat membangun dan memiliki dampak positif untuk pembangunan dan kemajuan daerah,"ucapnya.

”Jangan pernah kita berpikir untuk menjatuhkan orang lain, karena tidak ada untungnya menjatuhkan orang. Mari kita kerja sama, rekan-rekan media, sama-sama kita membangun daerah ini. Silahkan berikan masukan baik melalui pemberitaan ataupun secara langsung. Kedepan yang paling penting, saya berharap kerja sama diantara kita saling menguatkan dan mengangkat satu sama lain,”paparnya.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD Sarolangun Hermi mengatakan, bahwa kedepan para jurnalis dengan DPRD Sarolangun harus saling berkolaborasi tentang pembangunan daerah, khususnya dalam memberikan dan menyampaikan informasi ke publik.

”Jika tidak adanya teman teman jurnalis, kami selaku wakil rakyat tentu tidak bisa berbuat banyak. Maka tentu besar harapan kami, kedepan kita tingkatkan kerja sama,” katanya.

Selain itu, Waka II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan juga meminta dukungan dari rekan-rekan jurnalis untuk mempublikasikan program pembangunan daerah khususnya di DPRD sarolangun, tentunya dengan pemberitaan yang berimbang dan saling berkoordinasi.

”Kinerja kami juga mohon di koreksi, dalam kesempatan ini tentu alangkah baiknya jika ada berita yang ingin di konfirmasi tentu kami akan Welcome dengan kawan-kawan untuk berkonsultasi dan konfirmasi. Jikalau ada yang kurang pas selama ini, kita sama-sama saling memaafkan, yang mana saat ini masih di bulan Syawal, mohon maaf lahir dan Bathin,” katanya.

Dalam kesempatan, sejumlah awak media juga menyampaikan masukan dan keluhan dihadapan pimpinan DPRD Sarolangun. Diantaranya usulan untuk pelaksanaan studi banding awak media dengan DPRD Sarolangun, peningkatan kerja sama antara insan pers dengan DPRD Sarolangun dan peningkatan fungsi DPRD Sarolangun.

”Kalau bisa studi banding awak media dengan DPRD sarolangun dapat dilaksanakan,” kata Khairul kepada pimpinan DPRD Sarolangun.

” Harapan kami anggaran publikasi di DPRD Sarolangun tidak ditiadakan, tapi seharusnya kalau bisa ditingkatkan,” tambah Aguswanto.

Ketua PD IWO Sarolangun Husnil Aqili juga menyampaikan peran legislatif terhadap Peraturan Daerah yang sudah disahkan agar dilakukan pengawasan terhadap pihak eksekutif agar dapat menjalankan perda tersebut.

” Kita tahu sudah banyak Perda yang sudah disahkan oleh DPRD, kami melihat progres dari Perda yang sudah disahkan oleh DPRD Sarolangun, bahwa memang adanya perda yang disahkan tidak ada progres oleh pihak eksekutif. Soal kritikan yang membangun tentu itu yang kita harapkan,” katanya. 

 

PENULIS: CHARLES R

EDITOR: ANSORY S