Jurusan PIPS FKIP UNJA Sukses Gelar Workshop Jurnal Internasional bereputasi

Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:29:55


Foto Usai Melaksanakan Seminar Nasional
Foto Usai Melaksanakan Seminar Nasional /

Penulis Mahasiswa UNJA, Al Amin Saputra & Embria Demokrasi History 

RADARJAMBI.CO.ID-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Jurusan PIPS Universitas Jambi Sukses melaksanakan  Workshop Jurnal Internasional Bereputasi offline secara terbatas di Ruang Rapat Senat Lt. 2 Dekanat FKIP Universitas Jambi. Rabu (17/05/2023). 

Workshop ini dibuka oleh ketua pelaksana Siti Tiara Maulia, M.Pd dilanjutkan oleh Ketua Jurusan PIPS UNJA DR. Rosmiati, S.pd., M.Pd dan dihadiri oleh Dekan FKIP UNJA yang diwakili oleh Wakil Dekan lll bidang kemahasiswaan dan Alumni DR. Supian Ramli, S.Ag., M.Ag. Serta Dosen Jurusan PIPS UNJA dan beberapa perwakilan Mahasiswa, serta secara online melalui zoom cloud meeting.

Kegiatan Workshop ini mengusung tema “Kiat Tembus Jurnal Internasional Bereputasi. " dengan mendatangkan narasumber Prof. Dr. Hj. Kokom Komalasari, M.Pd (Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia) yang terhubung secara online melalui zoom cloud meeting. 

Dapat diketahui Workshop Jurnal Internasional Bereputasi yang diadakan Jurusan PIPS UNJA  mampu menarik perhatian peserta lebih dari 390 peserta dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Berdasarkan tema yang diusung, topik bahasan seminar ini adalah salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas diri dalam publikasi ilmiah terutama publikasi di Jurnal internasional Bereputasi. 

Workshop ini kiat tembus jurnal internasional bereputasi pada jurusan pendidikan ilmu pengetahuan sosial fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas Jambi tahun 2023 memiliki tujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas para peneliti, dosen, guru dan juga mahasiswa agar dapat mengetahui cara penyusunan jurnal yang sesuai standar dan bisa dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi.

Prof. Dr. Hj. Kokom Komalasari, M.Pd sebagai narasumber menyampaikan banyak materi yang sangat bermanfaat dan informatif terkait dengan ke penulisan Jurnal Internasional Bereputasi dan publikasinya. 

Ia juga menjelaskan tentang Mengapa Kita harus Menulis Artikel? Bagaimana Indikator Jurnal internasional? Bagaimana Kiat Menulis dan mengirim Artikel Jurnal Internasional Bereputasi?, Dan masih banyak lagi. 

Acara Workshop ditutup dengan quotes dari narasumber “Mengemislah tanpa ragu pada Tuhan-Mu dengan penuh serah jangan pernah setengah-setengah, tuliskan tanpa ragu kata pertamamu jangan takut salah jangan takut berhenti di tengah-tengah. 

Usai seminar ditutup setelah materi, diskusi dan tanya jawab selesai, tentunya dengan benefit yang diterima langsung oleh para peserta yakni E-sertifikat partisipasi dan juga ilmu yang bermanfaat.(*)