Tema

Prodi PPKn UNJA Sukses Gelar Workshop

Minggu, 28 Mei 2023 - 12:04:20


Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNJA melaksanakan workshop.
Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNJA melaksanakan workshop. /

Tema " Optimalisasi Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal dalam Pendekatan OBE.

RADARJAMBI.CO.ID-Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Jurusan PIPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jambi (UNJA) sukses menyelenggarakan rangkain kegiatan workshop dengan tema “Optimalisasi Pembelajaran Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Dalam Pendekatan Outcome-Based Education (OBE)”. 

Kegiatan workshop tersebut di buka langsung oleh Dekan FKIP UNJA yang diwakili oleh Ketua Jurusan PIPS FKIP UNJA Dr. Rosmiati, S.Pd., M.Pd serta di hadiri oleh Koordinator Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraaan FKIP UNJA Drs. M. Salam, M.Si. dan para Dosen di lingkungan FKIP UNJA.

Ketua pelaksana yang juga Dosen PPKn FKIP UNJA, Tohap Pandapotan Simaremare, M.Pd., menyampaikan kegiataan tersebut diikuti oleh mahasiswa Dosen, Guru dan Mahasiswa dari berbagai daerah dan Universitas yang ada di Indonesia secara online melalui zoom cloud meeting, dan juga diikuti mahasiswa PPKn FKIP UNJA secara offline dengan diawali penyerahan piagam dan ulos (kain khas Batak) kepada narasumber.

“Kegiatan workshop ini sebagai oase bagi dosen dalam mengintegrasikan pembelajaran dengan kearifan lokal khususnya di Provinsi Jambi dan bagi mahasiswa sebagai upaya membentuk karakter dan moral yang baik sehingga bisa menjaga dan melestarikan kearifan lokal ditengah-tengah arus globalisasi,”ujarnya.

Kegiatan workshop ini mendatangkan narasumber Dr. Sri Purnama Syam, S.ST., M,Sn (Kabid Pengembangan Nilai Budaya dan Seni pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi) dan juga hadir langsung Dr. Susan Fitriasari, M.Pd (Ketua Program Studi PPKn Universitas Pendidikan Indonesia) terhubung secara online melalui zoom cloud metting.

Untuk diketahui workshop kearifan lokal yang diadakan Program Studi PPKn Jurusan PIPS FKIP UNJA mampu menarik perhatian peserta lebih dari 300 peserta dari seluruh Provinsi Indonesia.

Dr. Sri Purnama Syam, S.ST. M, Sn sebagai narasumber, menyampaikan budaya adalah hasil nilai sosial yang diampui oleh masyarakat itu sendiri dan Prodi PPKn itu mempunyai tugas yang besar dimana harus membentuk karakter dan moral yang baik sehingga kita tidak kehilangan karakter karena dengan pendidikan karakter dapat merealisasikan realita kehidupan masyarakat sekarang yang tidak sesuai dengan harapan para leluhur kita dan ini perlu ditransmisikan pada generasi sekarang.

Dr. Susan Fitriasari, M.Pd menambahkan bahwa dalam melakukan revisi kurikulum, Program Studi PPKn Jurusan PIPS FKIP UNJA dapat mengintegrasikan kearifan lokal dengan pendekatan Outcome-Based Education (OBE) sehingga kearifan lokal ini menjadi ciri khas yang membedakan dengan prodi lainnya.

Usai workshop yang dipandu oleh moderator Alif Aditya Candra, M.Pd (Dosen PPKn FKIP UNJA), ditutup setelah materi dan diskusi tanya jawab, peserta tentunya mendapatkan benefit yang diterima langsung yakni e-sertifikat dan juga ilmu yang bermanfaat.(*)

Penulis: Mahasiswa PPKn UNJA, Al Amin Saputra dan Embria Demokrasi History