Gandeng PT Bina Kreatif Berkah, SMKN 1 Tebo Optimis Jalankan Program Pusat Keunggulan

Minggu, 04 Juni 2023 - 19:07:56


Ramayani
Ramayani /

Radarjambi.co.id-aTEBO- Prestasi kembali ditorehkan oleh SMK N 1 Tebo.

Sekolah kejuruan yang terletak di Km. 8 Jalan lintas Tebo - Bungo, Kelurahan Tebing Tinggi, Kecamatan Tebo Tengah, Kabupaten Tebo tersebut berhasil menjadi SMK Pusat Keunggulan Skema Pemadanan yang di dukung oleh PT Bina Kreatif Berkah.

Ramayani, M.Pd Kepala SMKN 1 Tebo menjelaskan, SMK Pusat Keunggulan adalah salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud ristek dan kini SMK Pusat Keunggulan.

Dengan Skema Pemadanan , SMK PK Skema Pemadanan ini mengedepankan semangat kolaborasi pendidikan vokasi dengan industri

Yang bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha, melalui keselarasan yang dilaksanakan secara komprehensif bersama industri. dari lahirnya

Program ini adalah mewujudkan pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu. yaitu Tata Busana,

"Hanya 117 SMK se Indonesia, yang beruntung medapay program ini,salah satunya SMKN 1 Tebo," terang Ramayani sembari menjelaskan lebih lanjut Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerjav, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri, dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK kita dan sekolah lainnya.

"Selain itu, ada program pendampingan yang dirancang untuk membantu SMK PK dalam pencapaian output. Pelaksana pendampingan dilakukan oleh perguruan tinggi yang telah memenuhi kriteria Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud,"jelas Ramayani lebih lanjut.

Ada Industri yg sangat peduli menjadi Mitra SMK Pemadanan Ini adalah PT KREATIF BINA BERKAH, yg luar biasa bersedia Mensuport terwujudnya SMK N 1 Menjadi SMK pusat

Keunggulan Skema Pemadanan, dengan Bidang Keahlian Seni dan Ekonomi Kreatif, Konsentrasi Keahlian Disign dan produksi Busana , yang di mana SMK N 1 Tebo ingin mengangkat khas Budaya Jambi, dan mengembangkan muatan lokal yang Ada d Jambi khususnya Tebo.

Serta berupaya meningkatkan jiwa wirausaha dengan menguatkan dan menambah kemampuan siswa lebih luas lagi di dunia Batik

Yang menjadi jurusan keunggulan st Tujuan pelaksanaan kegiatan program SMK PK Skema Pemadanan ini, Dukungan yg saling Menguntungkan baik bagi Sekolah maupun Industri, Skema pemadananan Dukungan adalah untuk mengatasi tantangan industri dalam hal pemenuhan talenta (talent pool) dan efisiensi produksi.

Talent pool ini dapat dilakukan melalui pelatihan, project based learning, penyelarasan kurikulum, pemagangan serta upskilling dan reskilling guru kejuruan.

Melalui kegiatan program SMK PK ini juga dapat menjadi bagian dari penyuplai komponen industri sehingga diharapkan mampu meningkatkan efisiensi industri dalam pengeluaran operasional (operating expenditure) dan pengeluaran modal (capital expenditure).

Selain kedua model tersebut, SMK PK Skema Pemadanan Dukungan juga dapat menjadi agenda tanggung jawab sosial industri dalam program corporate social responsibility
Selain menjadi SMK PK, Ramayani menerangkan, SMKN 1 Tebo juga sudah memiliki Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) P1 dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Jadi lulusan SMKN 1 Tebo selain mendapatkan ijazah juga mendapatkan sertifikat kompetensi kerja, dalam artian lulusan SMKN 1 Tebo sudah benar-benar siap bersaing dalam dunia kerja karena memiliki kompetensi kerja, dan siap bekerja di industri yang telah membina dan dimanapun tutup Ramayani.(yan/akd)