Pj Bupati Muaro Jambi Hadiri Puncak Peringatan Hari Waisak Bersama di Candi Muaro Jambi

Minggu, 11 Juni 2023 - 20:20:07


/

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI- Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH., MH.,  menghadiri puncak peringatan hari Waisak bersama 2567 BE/2023 di Candi Agung Kedaton  Desa Muara Jambi, Muaro Sebo, Muaro Jambi, Minggu (11/6)

Puncak peringatan Hari Waisak bersama di Candi Agung Kedaton itu merupakan pusat kegiatan peringatan yang dihadiri oleh ribuan umat Buddha, termasuk  biksu dari berbagi daerah di Indonesia dan perwakilan  dari sejumlah negara di Asia Tenggara.

Hadir pula pada kesempatan itu  Gubernur Jambi Al Haris, Penjabat Bupati Muaro Jambi, Bqchyuni Deliansyah, wakil walikota jambi, Kapolres Muaro Jambi, se Ketua I Sangha Agung Indonesia, Y. M. Bhante Khema Charo Mahetera

Sementara Penjabat Bupati Bachyuni Deliansyah saat diwawancarai awak media menyebutkan kegiatan peringatan Hari Waisak bersama di Candi Kedaton  Muaro jambi merupakan sudah ke dua kali dilakukan di candi kedaton Muarojambi dan sebelumya digelar di komplek Percandian Gumpung, Candi Tinggi.

Namun kegiatan rutin digelar setiap tahun dan tahun ini kebetulan sebagai peringatan Waisak bersama.

''Saya berharap dengan semangat peringatan itu meningkatkan pemahaman akan keberagaman dan kebinekaan dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia,'' katanya

Momentum Waisak bersama memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan perdamaian dunia. Perayaan Waisak tersebut selain dihadiri oleh umat Buddha, juga dihadiri oleh pejabat daerah dan masyarakat di Provinsi Jambi.

Biksu Y. M. Bhante Khema Charo Mahetera selaku ketua I Sangha  Agung Indonesia  berpesan agar masyarakat Indonesia  memahami kemajemukan dan menjaga realitas kekayaan bangsa yang  hidupnya secara berdampingan.

"Kekayaan bangsa Indonesia yang beragam suku dan agama ini agar terus kita jaga dalam nilai-nilai Kebhinekaan Pancasila dan UU 1946," katanya.(akd)