Aspan Kembali Sentil Kabid BM PUPR Tebo, Sebut Tidak Logis Berikan Alasan Temuan BPK

Selasa, 06 Juni 2023 - 10:29:05


Aspan
Aspan /

Radarjambi.co.id-TEBO- Penjabat (PJ) Bupati Tebo, H. Aspan Kembali Sentil Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga (BM) Tebo, Irpan Pane terkait alasan temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) di Dinas PUPR Kabupaten Tebo yang mencapai Rp 4 Milyar lebih.

Yang sekarang menjadi Pekerjaan rumah dinas PUPR Tebo untuk melakukan penagihan ke rekanan yang pekerjaannya mendapatkan temuan tersebut.

"Kalo memberikan penjelasan kepada wartawan itu coba yang logis dan masuk akal lah, masak alasan penyebab kekurangan volume karena jalannya dilintasi kendaraan masyarakat, lucu alasan seperti itu,"ujar Aspan kepada awak media ketika dikonfirmasi di Kantor DPRD Tebo disaat mendampingi Gubernur Jambi, Alharis membuka Rakor Desa Wilayah Jambi Tengah, Senin (5/6).

Mantan Kepala Dinas (Kadis) PUPR Merangin tersebut menjelaskan bahwa pekerjaan pengaspalan tersebut ada tahapannya yang harus dikerjakan dengan benar.

"Ketika BPK memeriksa pekerjaan, yang dibor dan diukur itu ketebalan Aspalnya, kalo jalannya turun, berarti pondasinya tidak kuat, untuk temuan audit BPK tersebut, pihak konsultan sudah kita berikan teguran, karena temuan tersebut terjadi karena lemahnya pengawasan pekerjaan dilapangan oleh konsultan pengawas," tegas Aspan lagi.

Dijelaskannya lagi bahwa untuk pengembalian temuan BPK tersebut biasanya dibayarkan oleh rekanan Kontraktor dan Konsultan pengawas.

"Kepada pihak rekanan sudah kami minta untuk segera mengembalikan temuan dalam waktu paling lama 60 hari setelah keluar hasil audit, jika dibayarkan sesudah melebihi batas waktunya, ada pasal yang menyatakan bahwa pengembalian temuan tersebut tetapi tidak menghilangkan tindak pidana,"tutup Aspan. (yan/akd)