Meningkatkan Literasi di SDNU Pemanahan melalui Membaca selama 15 Menit

Rabu, 14 Juni 2023 - 19:51:05


/

Radarjambi.co.id-Program kerja “Membaca selama 15 menit” merupakan upaya untuk meningkatkan literasi di SDNU Pemanahan oleh mahasiswi UAD yang mengikuti KKN Kampus Mengajar Angkatan 5.

Program kerja ini dilaksanakan satu kali setiap minggu, tepatnya setiap hari Selasa sebelum kegiatan pembelajaran kelas dimulai, selama periode bulan Februari hingga bulan Juni 2023.

Program kerja “membaca selama 15 menit” diterima dengan antusias dari pihak guru maupun siswa. Siswa dan siswi antusias dalam mengikuti kegiatan membaca tersebut, mereka terlihat senang saat membaca buku-buku yang telah disediakan.

Program kerja “Membaca selama 15 menit” ini dirancang oleh mahasiswi UAD Angkatan 5 sebagai pemenuhan tugas Program Kampus Mengajar.

Program Kampus Mengajar adalah salah satu program Kampus Merdeka yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa/mahasiswi untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas.

Selain itu, mahasiswa/mahasiswi akan menjadi mitra guru dan dapat berinovasi di bidang literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan pengembangan keterampilan sosial.

Dengan diadakannya program ini oleh pemerintah, mahasiswa dapat berkontribusi dalam pendidikan di Indonesia sebagai agen perubahan.

Silvia Pratiwi merupakan mahasiswi dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Ahmad Dahlan yang ikut serta dalam program Kampus Mengajar Angkatan 5 dan KKN UAD.

Kampus Mengajar 5 merupakan salah satu program yang direkognisi ke dalam KKN UAD. Silvia ditempatkan di SDNU Pemanahan yang berada di Kecamatan Bantul, DI Yogyakarta untuk penugasan Kampus Mengajar Angkatan 5.

Pelaksanaan Kampus Mengajar di SDNU Pemanahan diharapkan dapat membantu meningkatkan literasi, numerasi dan adaptasi teknologi di sekolah tersebut. Membaca selama 15 menit merupakan salah satu program kerja yang ia buat bersama rekan sekelompoknya untuk kegiatan Kampus Mengajar.

“Program kerja membaca selama 15 menit sebelum pembelajaran dimulai, kami rancang sebagai upaya untuk meningkatkan minat dan tingkat kemampuan literasi siswa dan siswi SDNU Pemanahan, diharapkan kedepannya program ini dapat tetap berjalan di SDNU Pemanahan dan dapat membawa pengaruh serta manfaat yang baik untuk SDNU Pemanahan,” jelas Nuraini Sekar Farika, yang merupakan salah satu rekan Silvia dalam program kampus mengajar. (*)