Altar Nabi Konghucu Tanjabbar Diapresiasi Kemenag RI, Bagian Dari Pembelajaaran Nilai Agama

Jumat, 30 Juni 2023 - 01:30:29


/

RADARJAMBI.CO.ID, TANJABBAR - Kementerian Agama Republik Indonesia memberikan apresiasi kepada Umat Konghucu di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi yang telah mendirikan Altar Nabi Konghucu di Klenteng Kuan Kong Bio yang merupakan bagian dari pembelajaran Nilai-Nilai Agama bagi Umat Konghucu secara keseluruhan, Kamis (29/6/23).

Seperti yang disampaikan Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Agama Konghucu Kementerian Agama Republik Indonesia DR H Susari, MA yang menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya atas apa yang ditunjukkan Umat Konghucu di Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi.

" Berdirinya Altar Nabi Konghucu di Kelenteng Kuan Kong Bio ini sangat penting menunjukkan Pemerintah berkomitmen mendukung segala bentuk kegiatan pembelajaran nilai-nilai agama Konghucu yang merupakan nilai-nilai keindonesiaan secara keseluruhan," katanya.

Susari berharap dengan berdirinya Altar Nabi Konghucu ini menjadi sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, keberagamaan Masyarakat yang sangat penting bagi Indonesia.

" Mudah-mudahan ini menjadi sarana atau media dalam rangka untuk meningkatkan keberagaman Umat Konghucu di wilayah Tanjung Jabung Barat dan juga sekitarnya dan tentu ini harus kita dukung," ajaknya.

Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama terus meningkatkan layanan baik di bidang pendidikan maupun di bidang bimbingan masyarakat Konghucu. Di bidang Pendidikan sudah cukup banyak yang dilakukan antara lain dengan penyusunan kurikulum Pendidikan Agama Konghucu dan Budi pekerti pada Sekolah.

" Ini sedang dalam proses penyusunan dan sebentar lagi akan difinalisasi. Dan pendirian Sekolah Tinggi Konghucu Negeri yang mudah-mudahan Tahun ini terwujud," ucap DR H Susari, MA.

Tidak hanya mengapresiasi dengan berdirinya Altar Nabi Konghucu, Susari juga memberikan apresiasi terhadap kerukunan umat beragama di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

" Kami faham di Tanjung Jabung Barat sangat hidrogen bermacam suku, faham keagamaan namun dapat berkembang dengan baik saling menghormati antar umat beragama," katanya.

Bahkan seperti yang disampaikan Kepala Kantor Kemenag Tanjung Jabung Barat kata DR H Susari, MA kerukunan umat beragama sudah menjadi bagian dari kehidupan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Diketahui Peresmian Altar Nabi Konghucu di Klenteng Kuan Kong Bio Kuala Tungkal turut ditandai dengan penanda tanganan Prasasti Altar Nabi Konghucu oleh Ketua Umum Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia Ir Budi Santoso Tanuwibowo, MM.

Selain itu juga secara langsung ditandatangani oleh Kepala Pusat Bimbingan dan Pendidikan Agama Konghucu Kementerian Agama Republik Indonesia DR H Susari, MA, Kepala Kemenag Tanjab Barat H A Rahman Sayuti, S. Ag, MH dan Staf Ahli I Gubenur Jambi Drs Husairi, ME.(ken)