Sinergi Pemkab Tanjabbar Tingkatkan Literasi Numerasi Bersama Filantropi, Dunia Usaha dan Pemerintah

Rabu, 30 Agustus 2023 - 08:53:31


/

RADARJAMBI.CO.ID - Pemerintah daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat terus mendorong peningkatan literasi dan numerasi  melalui berbagai program, satu di antaranya menggelar Seminar dan Expo Pendidikan Sinergitas dan Percepatan Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Antara Filantropi, Dunia Usaha dan Pemerintah.

Kegiatan berlangsung di Balai Pertemuan Kantor Bupati, Selasa 29 Agustus 2023. 

Kepala Bappeda Katamso menyampaikan seminar dan expo pendidikan ini bertujuan untuk peningkatan literasi dan numerasi di Tanjung Jabung Barat. 

"Diharapkan dengan diselenggarakan kegiatan ini peserta mendukung dan terlibat dalam proses perencanaan peningkatan literasi dan numerasi di daerah Tanjung Jabung Barat," sebutnya.

Hadir sebagai narasumber Tanoto Foundation, Petrochina International Jabung Ltd. dan Telkomsel sebagai mitra Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Bupati Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Setda Kab. Tanjung Jabung Barat Firdaus Khatab dalam kata sambutannya mengatakan, literasi tidak hanya soal membaca tetapi kemampuan untuk menganalisis suatu bacaan dan memahami konsep dibalik tulisan. Hal yang sama juga berlaku untuk numerasi. 

"Dunia usaha secara strategis memberikan dukungan kegiatan literasi dan numerasi dalam bentuk CSR, pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk akselerasi pencapaian target kemampuan literasi dan numerasi dan lembaga filantropi bersinergi untuk mendukung pemerintah dalam pengembangan kapasitas SDM untuk meningkatkan literasi dan numerasi pada murid," ujarnya.

Dia mengatakan pemerintah daerah telah berupaya maksimal baik untuk pendidikan dari tingkat PAUD SD hingga SMP maupun memenuhi kebutuhan para tenaga pengajar melalui berbagai program.

Firdaus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terus bersama pemerintah meningkatkan mutu pendidikan, terutama dalam peningkatan literasi dan numerasi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kegiatan dihadiri Kepala Bappeda Katamso, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Tanjung Jabung Barat yang diwakili oleh Kabid DAS Triono, serta peserta yang terdiri dari OPD, guru dan kepala sekolah tingkat SD/MI SMP/MTs, guru penggerak, Fasilitator Daerah (fasda) Tanoto Foundation serta perwakilan organisasi masyarakat sipil.

Kegiatan juga diramaikan dengan penampilan dari SDN di Kabupaten Tanjung Jabung Barat di antaranya 003/V Kuala Tungkal dengan permainan Pijak Angka dan Pijak Huruf, aksi mendongeng Rayana Aristawidya dari SDN 005/V Kuala Tungkal, Tarian, dan showcase dari perwakilan seluruh narasumber.(*)