Sempat Kerja Serabutan dan Jadi Pencuci Piring. Kini Dr. Supian Raih Gelar Profesor

Minggu, 24 September 2023 - 19:42:30


Dr. Supian, S.Ag, M.Ag, bersama keluarga
Dr. Supian, S.Ag, M.Ag, bersama keluarga /

Simak Kisahnya.....!! 

RADARJAMBI.CO.ID - Dr. Supian, S.Ag, M.Ag. merupakan salah satu dari 10 Guru Besar yang baru saja mendapatkan SK guru besarnya pada Agustus 2023.

Pria kelahiran Desa Muara Kulam, Kecamatan Ulu Rawas, Musi Rawas Utara, 17 Oktober 1973 lalu berasal dari keluarga petani yang sederhana. Sejak kecil beliau bersama orangtuanya hidup di talang (berladang) dan sering berpindah-pindah.

Dikutip websitenya Humas Universitas Jambi (UNJA) ia menceritakan kehidupannya sejak kecil hingga sampai pada puncak tertinggi didunia akademisi yaitu memperoleh gelar Profesor pada bidang ilmu Agama Islam/Sejarah Pemikiran Islam, dari kecil ia telah mandiri dan membantu orangtuanya menyadap getah pohon karet di sela-sela liburan sekolah, berladang hingga ikut kerja serabutan lainnya.

“Saya bekerja selama setahun untuk mengumpulkan uang agar bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, dan akhirnya terkumpul saya bisa kuliah, selama kuliahpun saya harus bertahan hidup dengan bekerja serabutan, saya pernah jadi pencuci piring di rumah makan,”ujar Dr. Supian.

Dr. Supian kemudian menceritakan perjalan pendidikanya mulai dari sekolah dasar,iamemulai sekolahnya di SD Negeri Muara Kulum dan tamat pada tahun 1987, kemudian melanjutkan pendidikan ke MTS Al-Hidayah Sarolangun lalu tamat pada tahun 1990 setelahnya ia menyambung Madrasah Aliyah di tempat yang sama dan selesai pada tahun 1993, berlanjut ke pendidikan Strata 1, Dr. Supian kulaih di IAIN Sultan Thaha Syaifuddin Jambi di tahun 1998 lalu melanjutkan S2 IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta tahun 2001 dan S3-nya tahun 2013.

“Dulu saya orang yang tidak punya apa-apa, dari titik nol, hanya saja saya punya tekad dan harus berani menjemput takdir, berusaha semaksimal mungkin, berikhtiar serta melakukan kegiatan apa saja selagi positif,” ungkanya.

Selain mengajar, Dr. Supian juga merupakan seorang penceramah dan aktif dengan kegiatan MTQ baik itu menjadi dewan hakim panitia ataupun peserta.

Saat ini ia telah berhasil menghasilkan karya-karya di bidang akademik berupa publikasi ilmiah seperti 10 buku, 2 karya ilmiah Scopus, 14 karya ilmah sinta, dan 10 publikasi ilmiah koran yang berhasil membawanya sampai kepada posisi saat ini, sehingga ia memperoler gelar guru besar. (*) 



Sumber: Humas Universitas Jambi