Belasan Bacaleg Dewan Muaro Jambi Diganti, Paling Banyak Dari PKB

Minggu, 08 Oktober 2023 - 23:23:21


Arisno
Arisno /

Radarjambi.co.id-MUAROJAMBI-Belasan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muaro Jambi diganti.

Berdasarkan data yang dilansir dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muaro Jambi, setidaknya ada sebanyak 15 Bacaleg Dewan Muaro Jambi diganti.

Komisioner KPU Muaro Jambi Divisi Teknis Penyelenggaraan Arisno menyampaikan masa pengajuan pergantian Bacaleg DPRD Muaro Jambi telah berakhir pada tanggal 3 Oktober 2023 lalu. "Ada sebanyak 15 Bacaleg yang diganti," kata Arisno Minggu (8/10/203) sore.

Arisno mengatakan, belasan Bacaleg yang diganti tersebut berasal dari 8 Partai Politik yang ada di Muaro Jambi.

Adapun, kata dia, 8 Parpol yang mengajukan pergantian Bacaleg terdiri dari, Partai Buruh, PAN, PPP, PDI Perjuangan, Demokrat, Golkar, Perindo dan PKB.

"Paling banyak mengajukan pergantian Bacaleg yaitu dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan jumlah 7 Bacaleg," katanya.

Arisno mengatakan, pergantian Bacaleg ini didasari dari berbagai hal, mulai dari , ada yang mengundurkan diri dari pencalonan dan ada juga melakukan pergantian untuk memenuhi kuota keterwakilan perempuan.

Ia menyampaikan, sebelum ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT), KPU Muaro Jambi masih akan melakukan proses verifikasi berkas terhadap 15 Bacaleg pengganti tersebut.

"Apabila, mereka tidak memenuhi syarat maka dapat dipastikan gagal untuk mengikuti tahap selanjutnya. Karena, tidak ada lagi masa perbaikan berkas kelengkapan bagi caleg pengganti," katanya.

"DCT akan ditetapkan pada tanggal 3 November mendatang dan akan diumumkan pada tanggal 4 November 2023 nanti," tukasnya.(akd)