Kenakan Tengkuluk dan Songket Rantau Langkap Tebo Ramayani Hadiri Pembukaan PPN XII di Kuala Lumpur

Jumat, 13 Oktober 2023 - 22:19:21


Ramayani juga menyerahkan langsung buku antologi puisinya berjudul
Ramayani juga menyerahkan langsung buku antologi puisinya berjudul "Dibawah Cahaya Sigombak" secara langsung kepada Dr Zambry bin Abdul Kadir yang merupakan Menteri Luar Negeri Malaysia. /

Radarjambi.co.id-TEBO- Ramayani Sastrawati Indonesia dari Jambi, Jumat (13/10) menghadiri pembukaan Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) ke XII tahun 2023 di Kuala Lumpur, Malaysia yang dibuka langsung oleh

Dengan mengenakan kebaya hitam lengkap dengan tekuluk dan kain songket dari Desa Teluk Langkap, Kecamatan Tebo Ulu, Kabupaten Tebo Tebo, membuat penampilan penyair Jambi yang tinggal di Tebo ini semakin anggun.

Ramayani yang juga Direktur Pelaksana PPN ke VI tahun 2012 silam di Jambi, menjelaskan PPN XII digelar oleh Perhimpunan Penulis Nasional (PENA) Malaysia pada 13-15 Oktober 2023. dengan mengusung tema “Luka, Cinta, Damai" dan akan melibatkan tidak kurang 200 peserta dari Indonesia, Singapore, Malaysia, Thailand, dan Brunei Darussalam.

"kehadiran saya diacara PPN ke XII atas undangan Presiden PENA, Dr Rahamad Saleh, dewasa ini Dr Zambry bin Abdul Kadir yang merupakan Menteri Luar Negeri Malaysia sejak 3 Desember 2022," jelas Ramayani.

Ketika ditanyakan kepadanya tentang kostum yang sengaja dipakainya, Penyair perempuan Jambi yang sudah mempunyai tiga buku antologi puisi antara lain "Sebungkus Kenangan", "Behrouz" dan "Dibawah Cahaya Sigombak" mengatakan bahwa sudah menjadi ciri khasnya setiap menghadiri event sastra baik ditingkat Nasional maupun internasional, selalu mengusung budaya Jambi.

"Untuk PPN ke XII ini saya memang sengaja menggunakan Tekuluk dan Batik Tulis Tebo sebagai wujud partisipasi saya dalam mempromosikan budaya Jambi," terang Ramayani.

Dalam kesempatan tersebut Ramayani juga menyerahkan langsung buku antologi puisinya berjudul "Dibawah Cahaya Sigombak" secara langsung kepada Dr Zambry bin Abdul Kadir yang merupakan Menteri Luar Negeri Malaysia.

"Alhamdulillah tadi buku puisi saya diterima langsung oleh beliau,"tutup Ramayani yang juga merupakan Kepala SMKN 1 Tebo.(yan/akd)