TV Muhamadiyah Sebagai Media Dakwah

Sabtu, 04 November 2023 - 22:06:11


/

Radarjambi.co.id-dikutif dari tvmu.tv
Muhammadiyah telah meluncurkan televisi satelit bernama TV Muhammadiyah atau tvMu , tepatnya pada tanggal 18 November 2013 dipimpin oleh Makroen Sandjaya.

TV Muhammadiyah atau tvMu adalah stasiun televisi terestrial digital bernuansa islami yang dimiliki oleh ormas keagamaan Muhammadiyah yang di lahirkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah periode 2010-2015 ,sebagai amanat Muktamar Muhammadiyah tahun 1995 di Banda Aceh.

Dengan dilandasi semangat syiar dan dakwah untuk menegakkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar, tvMu menjadi persembahan Muhammadiyah bagi bangsa dan dunia melalui layar televisi sebagai media komunikasi yang cerdas mencerahkan.

Didasari televisi merupakan media yang aktif untuk menjalankan empat fungsi komunikasi: informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

Maka, Muhammadiyah ingin agar keempat fungsi media itu diabdikan sepenuhnya untuk  perbaikan kualitas kehidupan bangsa dan umat manusia secara keseluruhan sesuai dengan pesan Islam yang berkemajuan.

Manajemen yang Baik

TvMu merupakan Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), yang mengambil peran sebagai medium sumber informasi, pendidikan, dakwah dan kontrol sosial, yang diharapkan mampu menjadi inspirasi, referensi dan motivasi bagi khalayak umat, guna meningkatkan harkat, martabat dan kualitas kehidupan.

TV ini mengalami perubahan secara mendasar, terutama arah kebijakan redaksi, marketing serta visi dan misi, TvMu juga dituntut untuk pengelolaan manajemen yang baik agar bisa mandiri secara finansial.

Sebagai media dakwah dalam konteks luas, tvMu akan mengambil peran aktif bagi upaya perbaikan kualitas kehidupan bangsa dan manusia secara universal, melalaui isi siaran yang bermutu, mencerdaskan, mencerahkan, membentuk watak yang berbudi pekerti luhur.

Untuk itu tvMu mengeluarkan beberapa siaran, seperti talkshow yang mengangkat topik terkini dan relevan seperti kesehatan, pendidikan dan isu sosial lainnya.

tvMu juga menayangkan drama yang mengangkat nilai-nilai islami serta cerita-cerita inspiratif yang memberikan pesan positif kepada penonton.

Selanjutnya tvMu juga memiliki program dokumenter yang membahas Sejarah Islam indonesia, yang mana menjadi sumber yang akurat bagi masyarakat awam yang kurang memperhatikan sejarah Islam di indonesia.

Sumber Edukasi

Program religi lainnya juga ditayangkan oleh tvMu yang dapat menjadi sumber edukasi bagi masyarakat seperti pembahasan seputar AL- qur’an, hadis, fikih, dan akidah lainnya.

Hal ini tentu dapat menjadi alternatif belajar bagi gen Z yang cenderung kurang literasi.

Stasiun tvMu seringkali dianggap oleh banyak orang sebagai media yang sangat berfokus pada pendekatan keagamaan, dengan menyoroti ajaran Islam, nilai-nilai keagamaan, dan konten yang mendukung pemahaman agama.

Bagi mereka yang mendukung pandangan ini, stasiun ini dianggap sebagai sumber inspirasi dan pendidikan agama.

Sebagian besar orang mengapresiasi program-program pendidikan yang disiarkan di stasiun tvMu.

Mereka melihatnya sebagai sarana yang baik untuk memperluas pengetahuan keagamaan dan moral, serta pemahaman tentang berbagai isu sosial dan budaya.

Stasiun TV Muhammadiyah memiliki pengaruh besar terhadap pemirsa, terutama dalam hal penyebaran pesan keagamaan.

Bagi sebagian orang, hal ini dianggap sebagai kekuatan positif, karena membantu memperkuat iman dan nilai-nilai keagamaan mereka.

Namun, ada juga yang mengkhawatirkan pengaruh ini bisa digunakan untuk kepentingan politik atau ekonomi tertentu.(*)

 

Penulis: Clara Olyvia, Lucky Gio Akbar, Rizkina Ayu Rahmanda, Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi FSBK Universitas Ahmad Dahlan