Festival Dolanan anak Mergangsan Yogyakarta

Sabtu, 30 Desember 2023 - 15:08:30


/

Radarjambi.co.id-Mahasiswa KKN Alternatif UAD 89 Unit III.C.3 mengadakan Festival Dolanan Anak di RW 13 Keparakan Kidul, Keparakan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, DIY.

Tema yang diusung adalah "Nguri-uri Kabudayan Jawi lan Tradisi Adiluhung" yang memiliki arti melestarikan kebudayaan jawa dan kebiasaan yang bermutu tinggi. Festival ini diadakan untuk mengajak anak-anak menikmati dolanan-dolanan anak jaman dahulu.

Riles yang diterima radarjambi.co.id menyebutkan, kegiatan ini sukses diadakan pada hari Selasa tanggal 26 Desember 2023 pukul 15.30 sampai dengan 17.00 WIB dan dihadiri oleh sekitar 40 anak dari RW 13 Keparakan.
Festival Dolanan Anak mempersembahkan 7 permainan anak-anak jaman dahulu.

Diantaranya bola bekel, congklak, egrang batok, gangsing, yoyo, lompat tali, dan kelereng. Setelah memasuki pintu masuk, anak-anak dibebaskan untuk mencoba semua permainan yang sudah disiapkan di atas meja.

Setiap meja atau stand terdapat sejarah tiap permainan yang dapat mereka baca guna menambah ilmu.

“Adanya kegiatan ini anak-anak telah meninggalkan gawai mereka untuk sementara waktu dan dengan antusias mengikuti festival hingga akhir. Kegiatan ini juga telah menumbuhkan rasa kebersamaan anak dengan rekan-rekannya”, kata Aditya Ircham selaku Ketua Unit KKN Alternatif UAD III.C.3 .

"Dengan diadakan festival ini kami berharap dolanan anak dapat bertahan ditengah era modernisasi dan menimbulkan rasa cinta terhadap seni tradisional", ujar Khoirunnisa Fauziah.

Festival Dolanan Anak ini memberikan kesan yang luar biasa. Anak-anak menikmati dan merasa gembira ketika memainkan dolanan-dolanan anak yang ada.

Meskipun beberapa anak tidak mengenal bagaimana cara memainkan permainan tersebut, tetapi mereka memiliki rasa penasaran yang tinggi untuk mencoba dan memainkan. (*)