PERHIPTANI Batanghari Gelar Musda, Irfan Adesra Terplih Sebagai Ketua Periode 2024-2029

Sabtu, 06 Januari 2024 - 18:33:58


Perhiptani Batanghari adakan Musda, Irfan Adesra terpilih sebagai ketua periode 2024-2029
Perhiptani Batanghari adakan Musda, Irfan Adesra terpilih sebagai ketua periode 2024-2029 /

Radarjambi.co.id, BATANGHARI- Dewan Pengurus Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) daerah Batang Hari, Kamis (28/12) menggelar  Musyawarah Daerah (Musda). Dalam acara yang berlangsung di Ruang Pola Besar Kantor Bupati Batang Hari, dihadiri Sekretaris Daerah Muhamad Azan, SH , Asisten ll Setda  H. Isa. S.Sos. M. Ag . Kepala Dinas Pangan Pertanian Perikanan  Farizal, SH. MH.

Dalam Pembukaan Musda, Bupati Batang Hari diwakili Sekretaris Daerah Muhamad Azan,  membacakan sambutan bupati Batang Hari. Dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah  selaku pengemban amanat rakyat di kabupaten Batang Hari, memprioritaskan program pertanian sebagai sektor hulu dari semua sektor bidang di 36 visi dan misi pemerintah Batang Hari.

“Target yang harus dicapai adalah mewujudkan petani cerdas, penyediaan bibit bersertifikat serta kemudahan akses permodalan, hal ini merupakan indikator keberhasilah kita mencapai realisasi program kerja menuju Batang Hari Tangguh,” ujar Sekda.

Sambutan Kepala Dinas Pangan Pertanian Perikanan  Farizal mengaku cukup bangga kepada para penyuluh pertanian dan perikanan yang dapat memiliki organisasi profesi yang baik dan dapat mengayomi semua para anggotanya.

“Kami berharap ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga antara pimpinan selaku pemangku kebijakan dapat seiring sejalan dalam mencapai target kerja khsususnya di bidang pertanian,” harap Farizal.

“Kami menyadari tugas penyuluh sangat berat untuk merubah prilaku petani-petani kita dari tidak mau menjadi mau, dari tidak bisa menjadi bisa, dari belum berhasil menjadi berhasil, dan jika kerja ini tidak dilakukan dengan ikhlas saya yakin bapak ibu penyuluh tambah berat melaksanakan tugas mulia tersebut,” tambahnya.

Kartono Saputro, selaku Ketua Perhiptani periode 2018-2023 mengatakan bahwa Perhiptani hadir sebagai wadah bagi penyuluh pertanian dengan tujuan untuk mendukung program pemerintah dan kegiatan masyarakat  dalam mewujudkan sistem pertanian yang maju, mandiri dan modern serta berwawasan agribisnis.

“Sebagaimana tujuan kami hadir untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sistem penyuluhan yang efektif, efisien dan produktif. mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu, teknologi, metode dan manajemen penyuluhan pertanian. membina jiwa korsa, mengembangkan profesionalime dan menyalurkan aspirasi penyuluh pertanian,” tegasnya.

Lanjut Kartono Saputro, harapannya dengan adanya Perhiptani bersinergi dengan pemerintah kabupaten batang hari dapat memberikan saran dan pertimbangan kepada pengambil kebijakan di bidang penyelenggaraan penyuluhan pertanian, menjalin kerjasama dengan lembaga penelitian dan perguruan tinggi serta organisasi profesi lainnya, meningkatkan mutu kompetensi dan profesi penyuluh pertanian ASN PPPK, THL-TBPP, PTT dan Penyuluh Swadaya.

Dalam Musda tersebut, selanjutnya dibacakan Laporan Pertanggung Jawaban, dan laporan keuangan oleh Ketua dan Bendahara pengurus PERHIPTANI periode 2018 – 2023 dan dilakukan Sidang Pemilihan Ketua Perhiptani Periode 2024 – 2029.

Terpilih Sebagai Ketua Irfan Adesra, S.Pt. Wakil Herlina, S.Pt ,  Sekretaris Yayansa, S.ST. Bendahara Erobmawati. SP

Usai pemilihan, Irfan Adesra selaku ketua terpilih Perhiptani Batang Hari Periode 2024-2029  agar di pengurusannya ke depan dapat meningkatkan rasa kepemilikan organisasi menjadikan wadah keluarga, dan dapat bersaing dengan organisasi lain, seperti PGRI, IDI, IBI, dan lain-lain.

“Jangan membiarkan pengurus yang bekerja, karena organisasi ini milik kita semua yang berlatar belakang penyuluh bukan hanya pemilik pengurus dan golongan tertentu saja,” harap ketua perpilih. 

Penulis: Musriah
Editor: Endang