Survei CSIS Terbaru Elektabilitas Capres 2024 Pasca Debat, Ini Pemenangnya

Selasa, 09 Januari 2024 - 22:19:55


/

Radarjambi.co.id-BALI- Centre for Strategic and International Studies atau CSIS merilis hasil survei elektabilitas Pilpres 2024 pasca debat capres perdana. Siapa pemenangnya?

Dilansir dari detikNews, survei CSIS dilakukan pada 13-18 Desember 2023. Survei dilakukan dengan metode survei multistage random sampling dengan jumlah sample sebesar 1.300 orang yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia. Margin of error survei ini sebesar plus minus 2,7 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden survei adalah penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun atau yang sudah menikah saat survei dilakukan. Survei menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner.

Responden diberikan pertanyaan 'bila saat ini ibu/bapak sedang berada di bilik suara (TPS), siapakah yang akan ibu/bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029?'. Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7 persen.

Berikut hasil lengkap survei CSIS:

Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar: 26,1%

Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka: 43,7%

Ganjar Pranowo-Mahfud Md: 19,4%

Rahasia/belum menentukan pilihan: 6,4%
Tidak tahu/tidak jawab: 4,5%.

Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, mengatakan survei ini dilakukan sehari setelah debat capres. Dia juga mengingatkan elektabilitas ini bisa berubah sesuai perkembangan politik.

"Jadi ini peta yang kami dapatkan setelah debat pertama berlangsung. Ketiga calon masih ada waktu dan harapan untuk menentukan kerja politik, kedua situasi bisa aja ada perubahan tipis naik atau turun karena ada debat, jadi putaran debat masih ada 3 kali. Ketiga aktivitas mobilitas kampanye paslon," kata Arya saat memaparkan hasil survei di YouTube CSIS, Rabu (27/12/2023). (dpw/dpw)




Sumber: Detik.com