Bupati Fadhil Serahkan Alsintan Kepada Kelompok Petani

Senin, 29 Januari 2024 - 20:16:34


Bupati menyerahkan bantuan simbolis
Bupati menyerahkan bantuan simbolis /

Radarjambi.co.id-BATANGHARI-Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (PPP) Kabupaten Batanghari, kembali menyalurkan bantuan hibah alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani khususnya kelompok tani di Bumi Serentak Bak Regam.

Bantuan berupa hand traktor, pompa air, Cultivator dan Power Thereser diserahkan secara simbolis Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief di Serambi Dinas Bupati Senin (29/1). Penyerahan disaksikan Kepala PPP Batanghari Fahrizal.

Penyerahan bantuan alsintan kepada kelompok tani ini, tentunya sebagai upaya percepatan mekanisasi dan distribusi sarana pertanian dalam rangka peningkatan produksi pangan dan mendukung pengendalian inflasi daerah.

" Sektor pertanian menjadi sektor yang strategis di tengah ancaman krisis pangan serta perubahan iklim global seperti yang terjadi saat ini," Kata Bupati Batanghari Muhamamad Fadhil Arief dalam sambutanya Kemarin.

Dirinya juga berharap, adanya kegiatan Rembug Tani tingkat Kabupaten dapat menjadi forum bersama seluruh pemangku kepentingan dalam merumuskan arah kebijakan dan strategi rencana aksi dalam upaya meningkatkan produksi dan ketersediaan pangan.

Kepala Dinas PPP Kabupaten Batanghari, Farizal mengatakan, dalam mempercepat musim tanam dan meningkatkan produksi pertanian maupun perikanan, pihaknya telah menyiapkan 122 orang PPL se Kabupaten Batanghari.

" Kita juga Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) plus PPL Swadaya sebanyak 50 orang dan menyiapkan 11 orang Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Perikanan dan Swadaya untuk membantu para petani," ungkapnya Fahrizal

Adapun dirincikannya, petani yang mendapat bantuan diantaranya, 4 Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank 9 Jambi,12 orang menerima hand traktor, 6 orang cultivator, empat power thereser dan 5 pompa air.

" Dan Kita di Batanghari juga telah memiliki lima orang Kelompok tani penangkar padi, enam orang pelaku usaha atau agen beras, 12 orang kelompok Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan 265 Orang Kelompok Tani Kabupaten Batanghari," terangnya.(hmi/akd)