Padlet: Inovasi Tingkatkan Pencapaian Tujuan Pembelajaran

Sabtu, 10 Februari 2024 - 21:09:13


/

Radarjambi.co.id-Dewasa ini, perkembangan teknologi di dunia pendidikan menghadirkan transformasi yang signifikan, mengubah cara kita belajar dan mengajar. Inovasi teknologi tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga meningkatkan efisiensi dalam penyampaian pembelajaran.

Menanggapi hal ini, sebagai seorang guru yang bergelut di dunia pendidikan tentu saja juga harus mampu mendesain proses pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada untuk membuat siswa berpartisipasi lebih aktif.

Salah satu tahapan dari proses pembelajaran adalah tahapan refleksi.

Lantas, bagaimana melaksanakan tahapan refleksi untuk meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran siswa dengan media berbasis teknologi?
Tahapan refleksi dalam proses pembelajaran biasanya dilakukan di akhir pembelajaran sehingga disebut dengan refleksi akhir.

Refleksi akhir menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam komponen proses pembelajaran karena fungsinya adalah sebagai sarana untuk memberikan umpan balik kepada guru atas kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan.

Dengan refleksi akhir, guru dapat mengetahui kebutuhan dan keinginan siswa serta membuat kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif di kemudian hari guna mencapai tujuan pembelajaran yang lebih optimal.

Refleksi akhir dapat dilakukan dengan media konvensional maupun dengan media digital (teknologi).

Jika berbasis teknologi, Aplikasi Padlet bisa menjadi pilihan untuk melakukan refleksi akhir di kelas.

Aplikasi Padlet sendiri merupakan platform kolaboratif yang memungkinkan pengguna membuat papan digital interaktif.

Salah satu keunggulan utama Aplikasi Padlet yaitu kemampuannya menyajikan refleksi secara visual yang menarik.

Dengan tampilan papan digital yang mudah digunakan, siswa dapat dengan bebas menyampaikan umpan balik mereka dalam bentuk tulisan, gambar, video, dan catatan suara.

Hal ini tidak hanya memfasilitasi ekspresi kreatif tetapi juga dapat membantu siswa dalam mengungkapkan hal-hal yang dirasakannya sebagai umpan balik selama kegiatan pembelajaran berlangsung.

Karena keunggulannya, saya pun memanfaatkan Aplikasi Padlet untuk mengemas tahapan refleksi akhir pada proses pembelajaran yang saya lakukan saat Praktik Pembelajaran Terbimbing (PPT) PPL 1 PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023.

Saya melaksanakan PPT di SMA N 1 Yogyakarta tepatnya di kelas XI MIPA 4. Awalnya, refleksi akhir saya lakukan seperti biasanya yaitu secara lisan saja. Namun, respons siswa ternyata tidak terlalu berkesan.

Hal ini terlihat dari banyak siswa yang memilih diam atas pertanyaan refleksi akhir yang saya ajukan terkait materi pembelajaran pada hari tersebut.

Saya pun hanya bisa menebak-nebak bahwa siswa yang saya ampu sepertinya belum paham atas materi yang mereka pelajari karena tidak ada data valid yang dapat mengukur sejauh mana pemahaman siswa atas materi yang mereka pelajari.

Akhirnya, untuk mendapatkan data yang valid dan terukur mengenai sejauh mana pemahaman siswa, saya mencoba strategi pelaksanaan refleksi akhir yang berbeda dari biasanya yaitu dengan memanfaatkan Aplikasi Padlet.

Dengan Aplikasi Padlet, seluruh siswa dapat menuliskan umpan balik atas pemahaman materi yang mereka pelajari sehingga data yang valid dan terukur terkait bisa saya dapatkan.

Apalagi di SMA N 1 Yogyakarta memperbolehkan siswanya mengakses gawai untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Dengan data umpan balik siswa yang saya dapatkan dari Aplikasi Padlet ini juga, saya dapat menentukan strategi yang tepat untuk meningkatkan ketercapaian tujuan pembelajaran siwa.

Dari pemaparan yang saya sampaikan, dapat diambil kesimpulan bahwa faktor kesuksesan praktik pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola dan menerapkan strategi yang tepat untuk proses pembelajaran siswa yang diampunya.

Oleh sebab itu, seorang guru sudah sepatutnya terus belajar dan mengembangkan diri guna meningkatkan kemampuannya terkait dengan seni mengajar.

Dengan peningkatan kemampuan ini, seorang guru akan dapat mendesain pembelajaran yang lebih seru, interaktif dan menyenangkan bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan dapat tercapai dengan lebih optimal.

 

Penulis:
Ani Wijayanti
Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023
Universitas Ahmad Dahlan