Bawaslu Batanghari Laksanakan Apel Siaga Pengawasan

Senin, 12 Februari 2024 - 12:20:24


/

Radarjambi.co.id-BATANGHARI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Batanghari, melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Suara Pemilu Serentak dengan tema " Spirit Pengawas dan Intergritas Pemilu " di Lapangan Garuda Muarabulian, Minggu Pagi (11/2).

Ketua Bawaslu Kabupaten Batanghari, Kaspun Nazir, dalam sambutanya menyampaikan beberapa hal penting terkait peran pengawas pemilu menjelang pemungutan suara. Sesuai Undang -Undang Nomor 7 Tahun 2017, Bawaslu diwajibkan untuk mengawasi setiap tahapan dan sampai rekapitulasi selesai.

" Pada hari Kita berkumpul pada acara apel siaga dalam rangka bahwa Kita siap dan siaga dalam mengawasi, apalagi hari ini sudah memasuki masa tenang dan dua hari lagi Kita akan melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara," pintanya Ketua Bawaslu Kaspun Nazir.

Dikatakanya, Bawaslu Kabupaten Batanghari telah memaksimalkan dalam rangka memaksimalkan sumber data manusia sampai dengan ke level pengawas TPS dengan harapan semua proses pengawasan efektif, agar terselenggara pemilu yang jujur dan damai.

" Keberadaan pengawas pemilu menjadi sorotan bagi banyak pihak terkait kualitas kontestasi pemilu," ujarnya.

Diharapkannya, penyelenggara tetap menjaga integritas. Dan menurut dia, Integritas penyelenggaraan pemilu dan prosesnya akan dinilai berdasarkan tiga hal, Integritas Penyelenggara Pemilu, Integritas Proses Pemilu dan Integritas Hasil Pemilu. Sebagai pengawas harus dapat menjaga integritas tersebut

" Adapun Tema yang Kita angkat ini memilki filosofi sebagai pengawas harus memiliki spririt yang kuat dan menjaga interigitas. Ini senada yang dampaikan bung karno tetap semangat elang rajawali artinya pengawas ini harus mampu melihat dan sadar serta tetap semangat dalm kondisi apapun dan dimanapun," tegasnya.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan, mulai dari Bupati Batanghari yang diwakili Asisten I, Kapolres Batanghari, Kejaksaan Batanghari yang mewakili, Kodim 0415 Batanghari, OPD Batanghari, Komisioner KPU Batanghari, Anggota Bawaslu, Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Desa/ Keluarahan serta Pengwas TPS se - Batanghari.

Seusai melaksanakan apel Siaga Pengawasan Masa Tenang dan Pemungutan Suara Pemilu Serentak di Lapangan Garuda, Bawaslu yang didampingi pihak- pihak terkait seperti Kepolisian dan Satpol PP langsung melaksanakan kegiatan bersih-bersih Alat Peraga Kempaye (APK). Penertipan hari pertama ini difokuskan di jalan gajah, sudirman dan gatot subroto Muarabulian. (hmi/akd)