Tingkatkan Kemapuan Siswa dalam Menulis Cerpen Dengan Medio Audio Visual

Selasa, 05 Maret 2024 - 10:26:45


/

Radarjambi.co.id-Semakin pesatnya perkembangan teknologi di dunia Pendidikan menuntut setiap individu untuk meningkatkan kemampuan diri, Hal tersebut dilakukan dengan mengubah cara kita belajar dan mengajar.

Inovasi teknologi tidak hanya memperkaya pengalaman belajar, tetapi juga meningkatkan efisiensi dalam penyampaian pembelajaran.

Sebagai calon guru profesional yang berkecimpung dalam dunia Pendidikan, Tentu saya harus mampu mendesain proses pembelajaran yang inovatif dengan menggunakan media dan metode pembelajaran yang menarik dalam setiap pembelajaran.

Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu Media audio visual. Media audio visual adalah perangkat yang digunakan di kelas untuk mendorong proses belajar mengajar dengan lebih mudah dan menarik.

Pembelajaran menggunakan media audio visual membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran sehingga peserta didik akan lebih termotivasi dan tidak bosan.

Lalu bagaimana, pemanfaatan media audiovisual dalam proses pembelajaran yang inovatif dan menarik untuk peserta didik?

Pada pelaksanaan PPL 1 di SMAN 1 Yogyakarta saya menerapkan penggunaan media audio visual dalam meningkatkan minat siswa terhadap materi menulis cerpen ketika pembelajaran bahasa Indonesia pada siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 1 Yogyakarta.

Penggunaan media tersebut sebagai trobosan baru bagi guru dalam menjalankan roda pembelajaran secara nyata di dalam kelas.

Proses pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis sangat minim ditemukan siswa yang mampu menulis dengan baik, terlebih minat yang dimiliki siswa pada bidang tersebut sangat rendah, Hambatan-hambatan tersebut lahir karena kondisi kelas dan proses pembelajaran yang kurang menarik.

Untuk meminimalisasi hambatan tersebut, saya sebagai pendidik berinovasi menggunakan media pembelajaran yang lebih kreatif dan relevan dalam pembelajaran.

Strategi yang saya gunakan untuk menghadapi hambatan pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual berupa video penggalan cerpen Senyum Karyamin.

Selain menggunakan media audio visual, Guru juga melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik sehingga peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat.

Media audio visual juga memiliki beberapa keuntungan yaitu proses pembelajaran di dalam kelas akan lebih menarik dengan media yang bersifat interaktif, memunculkan kreatifitas siswa, hasil belajar siswa akan lebih baik, siswa akan lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks cerpen dengan menggunakan video penggalan cerpen Senyum Karyamin memberikan efek positif dalam peningkatan partisipasi siswa.

Sebelum diterapkannya media audio visual, dalam pembelajaran keterlibatan siswa dalam pembelajaran sangat kurang. Siswa kurang tertarik dengan materi yang disampaikan oleh guru.

Selain itu, juga terdapat siswa yang mengantuk bahkan merebahkan kepala di atas meja. Akibatnya, siswa kurang antusias mengikuti jalannya proses pembelajaran.

Pemanfaatan media audio visual dalam kegiatan pembelajaran menulis teks cerpen berhasil meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Siswa terlihat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran. Kesiapan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran meningkat.

Siswa lebih bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban yang diberikan oleh guru. Siswa mampu berkerja sama dalam berdiskusi kelompok, dan keseriusan siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran pun makin meningkat.

Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa faktor kesuksesan praktik pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola dan menerapkan strategi yang tepat untuk proses pembelajaran siswa yang diampunya.

Oleh sebab itu, seorang guru sudah sepatutnya terus belajar dan mengembangkan diri guna meningkatkan kemampuannya terkait dengan seni mengajar.

Dengan peningkatan kemampuan ini, seorang guru akan dapat mendesain pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan dapat tercapai dengan optimal.(*)

 

Penulis : Nurul Chadhiroh _PPG Prajabatan Gelombang 1 2023