Bupati Tanjabbar Buka Bazar Ekraf Ramadhan 2024

Sabtu, 16 Maret 2024 - 21:23:38


/

RADARJAMBI.CO.,ID, TANJABBAR - Bupati Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Anwar Sadat M,Ag, membuka secara resmi Bazar Ekonomi Kreatif Ramadhan tahun 2024 di Alun-alun Kota Kuala Tungkal. Jum'at (15/3/2024).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati yang didampingi oleh Dandim 0419/Tanjab dan Kapolres Tanjab Barat.

Hadir pula pada acara tersebut Perwakilan Pengadilan Agama, Perwakilan Kajari, Sekretaris Daerah H. Dahlan, S.Sos. M.M, Asisten, Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag Setda dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Tanjab Barat Anwar Sadat mengatakan bahwa kegiatan bazar ekraf ramadhan tahun ini merupakan rangkaian kegiatan festival arakan sahur.

"Alhamdulillah, festival arakan sahur telah mendapat dukungan dan support dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia," ungkapnya.

Bupati berharap dengan kegiatan ini menjadi pemicu dan pendorong bagi pelaku ekraf untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan kualitas produknya sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah yang kita cintai ini.

Lebih lanjut, Bupati Tanjab Barat, Anwar Sadat mengatakan bahwa untuk melakukan suatu perubahan itu tidak mudah dan perlu upaya kreatifitas dari kita semua.

"Bagaimana arakan sahur itu punya nilai yang bisa menumbuh kembangkan potensi-potensi daerah terutama sektor UMKM yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat," tuturnya.

"Kita wajib bersyukur festival arakan sahur ini sudah menjadi event nasional. Perjuangan kita untuk mencapai ini tidak lah mudah dikarnakan banyak saingan dari 514 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia," imbuhnya.

Selain itu Bupati Tanjab Barat, juga menyampaikan bahwa karena ditundanya arakan sahur kemarin, dirinya mendapatkan banyak kritikan.

"Jika kita ingin melakukan sesuatu yang baru dan bermanfaat bagi masyarakat, kita harus banyak-banyak bersabar," sambungnya.

Pada kesempatan yang sama, Kadisparpora Hermansyah S.STP. MH dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan mewujudkan kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang berkualitas dengan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanjab Barat dan memperkuat identitas khas ekonomi kreatif.

Peserta dari bazar ekonomi kreatif berasal dari anggota ekraf kerajinan tangan, ekonomi kreatif food, Dekranasda dan Partisipasi Ekraf dan UMKM lainnya.

"Bazar Ekraf Ramadhan ini merupakan rangkaian festival arakan sahur yang akan dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 15 s/d 19 Maret 2024 dengan berbagai macam kegiatan diantaranya Pemilihan Dai Cilik, Musik Religi, Fashion Show busana muslim, bazar ekonomi kreatif dan food and beverage," kata Hermansyah.(ken)