Kegiatan Rutin Iwako Jambi: Bagikan Sembako untuk Kaum Dhuafa Jelang Idul Fitri

Sabtu, 06 April 2024 - 07:39:07


/
RADARJAMBI.CO.ID - Ikatan Wartawan Peliputan Kota (Iwako) Jambi kembali menggelar agenda tahunan, Iwako Peduli dan Berbagi Kasih tahun 2024 dengan menyalurkan sejumlah bantuan sosial ke masyarakat di berbagai titik di Kota Jambi pada Jumat (5/4/2024).
 
Ketua Iwako Jambi, Ali Ahmadi menyebutkan, dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah, ia dan rekan-rekannya kembali menggelar kegiatan sosial. Sasarannya adalah sejumlah masyarakat yang tergolong kaum dhuafa dan tak pernah tersentuh bantuan.
 
"Sasaran kami memang menyalurkan bantuan kepada warga yang memang belum tersentuh bantuan, dan itu ternyata masih banyak yang kami temui," kata Ali Ahmadi.
 
Total ada 50 paket yang disertai sejumlah uang tunai turut diserahkan ke para penerima. 
 
Bantuan pertama disalurkan di RT 06 Kelurahan Selamat, Kecamatan Danau Sipin. Lalu, Kelurahan Kenali Asam, Kelurahan Thehok, Kelurahan Legok, Kelurahan Simpang Rimbo, Kelurahan Tanjung Pinang, Kelurahan Kasang, Kelurahan Aur Kenali, dan Kelurahan Rajawali. 
 
"Tersebar di 9 (Sembilan) kelurahan. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap ramadhan ini sudah masuk pada tahun ke-8 (delapan) dan akan terus dilaksanakan pada tahun-tahun selanjutnya," jelas Ali.
 
Bantuan paket sembako ini merupakan sumbangan dari wartawan liputan Pemerintah Kota Jambi, Pemerintah Kota Jambi melalui Forum CSR Bagian Perekonomian Setda Kota Jambi, Caleg DPR RI Terpilih, H. Syarif Fasha, Ketua LPTQ Kota Jambi, H. Maulana dan Pembina Iwako, Abu Bakar, SH. 
 
"Para donatur ini mempercayakan kepada Iwako untuk menyalurkan kepada yang berhak menerima. Alhamdulillah kegiatannya terlaksana dengan baik," katanya.
 
Kegiatan ini turut didampingi Kadis Kominfo Kota Jambi, Abu Bakar yang juga pembina Iwako Jambi beserta Kabid IKP, Sayuti. 
 
Selanjutnya Pembina Iwako, Abu Bakar mengatakan bahwa, kegiatan rutin ini bertujuan untuk membantu kebutuhan bagi kaum dhuafa jelang hari raya Idul Fitri.
 
"Saya mendampingi insan pers, melakukan kegiatan sosial para kaum dhuafa dan masyarakat kurang mampu. Ada puluhan paket dan uang tunai yang sudah disalurkan. Kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan juga untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga jelang idul Fitri," jelasnya.
 
Ia juga berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun. Abu Bakar juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan dan sumbangsih dalam kegiatan ini.
 
"Semoga kegiatan Iwako bisa berlangsung di tahun - tahun kedepan. Selaku pembina Iwako dan atas nama Pemerintah Kota Jambi dibawah Kepemimpinan Ibu Pj Walikota, sangat mengapresiasi atas upaya sosial yang dilakukan teman - teman Iwako," jelasnya.
 
Adapun salah satu penerima, Ranti warga RT 18, Kelurahan Legok, Kecamatan Danau Sipin, Kota Jambi merupakan seorang janda yang tinggal bersama satu orang anaknya, di rumah mertua.
 
"Tinggal menumpang mertua yang bekerja sebagai cleaning service. Saya tidak bekerja, mengurus anak dan mertua laki - laki kakinya patah karena kecelakaan," katanya.
 
Masih di lokasi yang sama, Anisa mengatakan jika dirinya tinggal mengontrak dan suaminya bekerja sebagai penyadap karet.
 
"Suami kerjanya mandah (berpindah-pindah dari tempat yang satu ke tempat yang lain)," katanya.
 
Kedua warga tersebut, Ranti dan Anisa mengaku tidak memiliki BPJS kesehatan, Kartu Jambi Bugar ataupun KIS. Mereka juga tidak termasuk dalam penerima bantuan PKH ataupun lainnya. Mereka mengaku tidak pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.
 
Sementara warga RT 06, Kelurahan Selamat, Buyung mengatakan jika dirinya tinggal menumpang di rumah saudaranya.
 
"Kami mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan yang diberikan," pungkasnya.(*)